7 Manfaat Daun Pepaya, Tumbuhkan Rambut hingga Cegah Kanker

Diana Rafikasari, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 481 2323869 7-manfaat-daun-pepaya-tumbuhkan-rambut-hingga-cegah-kanker-5xcQaXLhvP.jpg Daun pepaya. (Foto: Boldsky)

DAUN pepaya ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Daun pepaya dilaporkan mengandung senyawa tanaman unik yang telah menunjukkan potensi farmakologis luas dalam uji tabung dan hewan.

Olahan daun pepaya pun sering digunakan untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh. Di antaranya daun pepaya diolah menjadi seperti teh, ekstrak, tablet, dan jus. Ini dipercaya berkhasiat mengobati penyakit.

Baca juga: Masak Tumis Daun Pepaya Teri, Suami Makin Cinta Deh 

Lebih jelasnya, berikut dipaparkan tujuh manfaat dan kegunaan daun pepaya untuk kesehatan, seperti dikutip dari Healthline, Selasa (8/12/2020).

1. Tumbuhkan rambut

Masker dan jus daun pepaya sering digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut serta kesehatan kulit kepala. Daun pepaya telah menunjukkan sifat antijamur dalam penelitian tabung reaksi sehingga sering dianggap mendukung kesehatan rambut dan kulit kepala dengan menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Daun Pepaya (Foto: Thaifreezedry)

2. Tingkatkan kesehatan kulit

Daun pepaya bisa dioleskan untuk menjaga kulit lembut, bersih, dan tampak awet muda. Enzim pelarut protein dalam daun pepaya yang disebut papain dapat digunakan secara topikal sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati dan berpotensi mengurangi terjadinya pori-pori yang tersumbat, rambut yang tumbuh ke dalam, dan jerawat.

Baca juga: 6 Manfaat Pepaya bagi Kecantikan, Apa Saja? 

3. Obati gajala demam berdarah

Salah satu khasiat yang paling menonjol dari daun pepaya adalah potensinya mengobati gejala yang berhubungan dengan demam berdarah. Penelitian telah menemukan bahwa ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan kadar trombosit darah pada penderita demam berdarah.

4. Tingkatkan gula darah seimbang

Daun pepaya sering digunakan dalam pengobatan rakyat Meksiko sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah. Sementara penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun pepaya memiliki efek penurun gula darah.

5. Lancarkan pencernaan

Teh dan ekstrak daun pepaya kerap digunakan sebagai terapi alternatif untuk meredakan gejala pencernaan yang tidak nyaman, seperti gas, kembung, dan mulas. Daun pepaya mengandung serat, nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat dan senyawa unik yang disebut papain.

Baca juga: Pagi atau Sore Waktu Terbaik untuk Olahraga? 

6. Sifat antikanker

Daun pepaya telah digunakan dalam praktik pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengobati jenis kanker tertentu. Ekstrak daun pepaya telah menunjukkan kemampuan yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel prostat dan kanker payudara dalam penelitian tabung reaksi, tetapi baik percobaan pada hewan maupun manusia tidak mereplikasi hasil ini.

7. Efek anti-inflamasi

Berbagai olahan daun pepaya sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam kondisi peradangan internal dan eksternal, termasuk ruam kulit, nyeri otot, dan nyeri sendi. Daun pepaya mengandung berbagai unsur hara dan senyawa tumbuhan dengan potensi manfaat anti-inflamasi seperti papain, flavonoid, dan vitamin E.

Baca juga: Mengerikan! Ini Daftar Penyakit yang Disebabkan Paparan Asap Rokok 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini