7 Cara Meredakan Stres dan Cemas Secara Sederhana

Adella Christyanti, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 481 2323904 7-cara-meredakan-stres-dan-cemas-secara-sederhana-0SEsLuZQEr.jpg Merasa cemas (Foto: Mindful)

Stres dan cemas saat ini dialami banyak orang. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, banyak orang merasa cemas kehilangan orang yang dicintai, mengalami kesulitan dalam keuangan, kehilangan pekerjaan.

Selama situasi stres ini, Anda bisa mudah tersinggung, kesal, dan terancam. Nah, Anda harus belajar untuk mengatasi stres dan cemas itu sendiri agar kesehatan mental bisa terjaga.

Berikut ini berbagai cara untuk meredakan stres dan cemas secara sederhana seperti dilansir dari Healthline.

 olahraga ringan

1. Olahraga

Olahraga adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk memerangi stres. Ini mungkin tampak kontradiktif, tetapi memberi tekanan fisik pada tubuh Anda melalui olahraga dapat meredakan stres mental.

Manfaatnya paling kuat bila Anda berolahraga secara teratur maka membantu menurunkan stres dan kecemasan dengan melepaskan endorfin serta meningkatkan kualitas tidur dan citra diri Anda.

2. Nyalakan lilin aromaterapi

Menggunakan minyak esensial atau menyalakan lilin wangi dapat membantu mengurangi perasaan stres dan kecemasan Anda. Aroma yang paling menenangkan seperti, lavender, mawar, bunga jeruk atau lainnya. Aromaterapi dapat membantu menurunkan kecemasan dan stres. Nyalakan lilin atau gunakan minyak esensial untuk mendapatkan aroma yang menenangkan.

3. Kurangi asupan kafein

Kafein adalah stimulan yang ditemukan dalam kopi, teh, coklat, dan minuman energi. Dosis tinggi dapat meningkatkan kecemasan. Orang-orang memiliki ambang batas yang berbeda tentang seberapa banyak kafein yang dapat mereka toleransi.

Kafein dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan stres dan kecemasan. Namun, kepekaan orang terhadap kafein bisa sangat bervariasi.

4. Habiskan waktu bersama teman dan keluarga

Dukungan sosial dari teman dan keluarga dapat membantu Anda melewati masa-masa stres. Menjadi bagian dari jaringan pertemanan memberi Anda rasa memiliki dan harga diri, yang dapat membantu Anda di masa-masa sulit. Memiliki ikatan sosial yang kuat dapat membantu Anda melewati masa-masa stres dan menurunkan risiko kecemasan.

5. Tertawa

Sulit untuk merasa cemas saat Anda tertawa. Ini baik untuk kesehatan Anda, manfaat tertawa yakni bisa meredakan respons stres Anda, meredakan ketegangan dengan mengendurkan otot Anda, dan dalam jangka panjang, tertawa juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan suasana hati Anda.

Temukan humor dalam kehidupan sehari-hari, habiskan waktu dengan teman-teman lucu, atau tonton acara komedi untuk membantu menghilangkan stres.

6. Ikuti kelas yoga

Yoga telah menjadi metode populer untuk menghilangkan stres dan olahraga di antara semua kelompok umur. Yoga terutama melakukan ini dengan meningkatkan kesadaran tubuh dan napas. Secara umum, manfaat yoga untuk stres dan kecemasan tampaknya terkait dengan efeknya pada sistem saraf dan respons stres Anda, tidak hanya itu, ini dapat membantu menurunkan kadar hormon stres dan tekanan darah.

Baca juga: Tidak Disangka, 4 Tanaman Liar Ini Ternyata Bisa Dimakan Lho

7. Memelihara hewan kesayangan

Memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood Anda. Memiliki hewan peliharaan juga dapat membantu menghilangkan stres dengan memberi Anda tujuan, membuat Anda tetap aktif, dan memberikan persahabatan, semua kualitas yang membantu mengurangi kecemasan. Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan Anda adalah cara yang santai dan menyenangkan untuk mengurangi stres.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini