Paru-Paru Ingin Selalu Sehat? Wajib Konsumsi 6 Makanan Ini

Iman Firmansyah, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 481 2323983 paru-paru-ingin-selalu-sehat-wajib-konsumsi-6-makanan-ini-VZGdeNgbd3.jpg Ilustrasi pemeriksaan kesehatan paru-paru. (Foto: Shutterstock)

PARU-paru menjadi salah satu organ tubuh dari manusia yang sangat penting dijaga. Pasalnya, paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Paru-paru mengambil oksigen dari udara yang dihirup kemudian masuk ke aliran darah dan didistribusikan ke seluruh bagian sel. Ketika sel bekerja maka dihasilkan gas buangan berupa karbondioksida dilepaskan melalui aliran darah.

Baca juga: Cara Alami Jaga Kesehatan Paru-Paru untuk Pernapasan yang Lebih Baik 

Maka itu, paru-paru merupakan organ yang sangat penting dan berfungsi membantu tubuh agar bekerja dengan baik. Namun saat ini paru-paru manusia seperti dalam ancaman dengan meningkatnya polusi udara dan populasi orang yang merokok.

Lalu ada penyakit yang berhubungan dengan paru-paru makin meningkat seperti asma, cystic fibrosis, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Semuanya bertambah secara drastis.

Buah-buahan. (Foto: Tabrez Syed/Unsplash)

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahunnya.

Perlu diketahui, terlalu banyak paparan polusi udara dapat menyebabkan adanya lendir yang berkumpul di paru-paru dan menangkap patogen dan mikroba, sehingga membuat dada manusia terasa penuh dan sesak.

Baca juga: Hadapi Polusi Udara, Konsumsi 3 Vitamin yang Baik untuk Paru-Paru Yuk 

Namun jangan khawatir, ada makanan tertentu yang dapat melindungi paru-paru Anda dari polusi berbahaya. Berikut ini makanan terbaik untuk menyehatkan paru-paru, seperti dikutip dari laman Boldsky.

1. Apel

Buah Apel mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang dikenal dapat mengurangi peradangan di lorong udara dalam paru-paru.

2. Teh hijau

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan di paru-paru dan meningkatkan penyembuhannya. Kandungan antioksidan tersebut berperan sebagai antihistamin alami yang dapat memperlambat pelepasan histamin yang dikenal menyebabkan gejala alergi pada tubuh.

3. Ikan

Konsumsi Ikan seperti makarel atau sarden, ternyata mampu membantu mengobati penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Menurut penelitian, kandungan asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan dapat membantu tubuh memerangi penyakit yang menyerang paru-paru.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan super untuk paru-paru. Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, kacang kenari, hazelnut, dan biji-bijian seperti biji labu, biji rami, serta biji bunga matahari dapat memberi tubuh Anda banyak magnesium.

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan Paru-Paru di Tengah Pandemi Covid-19 

Bawang putih

5. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan flavonoid yang merangsang tubuh untuk memproduksi glutathione yang membantu menghilangkan racun dan karsinogen sehingga dapat membantu paru-paru berfungsi lebih baik.

6. Brokoli

Sayuran ini dikenal mengandung senyawa yang disebut sulforaphane, dan dapat meningkatkan aktivitas gen dalam sel paru-paru sehingga melindungi organ dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Baca juga: Ini Jenis-Jenis Penyakit Paru Beserta Gejalanya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini