6 Manfaat Pepaya bagi Kecantikan, Apa Saja?

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 611 2323858 6-manfaat-pepaya-bagi-kecantikan-apa-saja-hVjfoDCQI0.jpg Manfaat pepaya (Foto: Times of India)

Buah papaya merupakan buah tropis berwarna oranye yang enak dimakan saat keadaan dingin. Pepaya menjadi salah satu buah wajib yang harus ada di dalam rujak.

Selain rasanya yang manis dan teksturnya lembut, pepaya mempunyai kandungan vitamin A, B, dan C. Enzim proteolitiknya, seperti papain dan chymopapain juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Berkat kandungan yang melimpah di dalamnya, pepaya menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan rambut. Berikut manfaat buah pepaya yang di lansir dari Health. Simak yuk!

 pepaya

1. Bagi kulit

Pepaya bagus untuk mengurangi kerutan di kulit sebab buah ini kaya akan antioksidan, seperti likopen yang dapat melindungi wajah dari tanda-tanda penuaan.

Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan, sebagian besar kerusakan kulit dan kerutan terjadi akibat penuaan yang disebabkan oleh aktivitas radikal bebas yang berlebihan.

Menurut penelitian, antioksidan ini dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu kulit Anda tetap halus dan awet muda. Selain itu, pepaya juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit yang dapat meminimalkan munculnya kerutan.

Dilansir dari Health.com, sebuah studi tahun 2014 menunjukkan wanita lansia yang mengonsumsi campuran antioksidan termasuk vitamin C dan likopen mengalami penurunan kedalaman kerutan wajah.

2. Mengurangi jerawat

Enzim papain dan chymopapain dalam pepaya dapat mengurangi peradangan. Papain banyak ditemukan dalam kandungan skin care. Kandungan tersebut membantu mengurangi jerawat dengan cara mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Papain juga menghilangkan keratin rusak yang menumpuk di kulit yang dapat membentuk jerawat. Pepaya kaya akan vitamin A. Meskipun diyakini vitamin A dapat berperan untuk pengobatan jerawat, namun dampaknya masih belum jelas.

3. Mengobati melasma

Pepaya merupakan bahan alami yang terkenal untuk mengobati melasma. Enzim beta-karoten, vitamin, dan fitokimia dalam pepaya memiliki sifat mencerahkan kulit. Penggunaan minyak biji pepaya setiap hari dapat membantu mencerahkan bintik hitam.

4. Melindungi rambut

Menurut studi tahun 2012, vitamin A dalam pepaya memiliki manfaat yang baik pada rambut. Pepaya Membantu kulit kepala menghasilkan sebum yang dapat menutrisi, memperkuat, dan melindungi rambut.

5. Menumbuhkan rambut

Menurut studi tahun 2018, senyawa dalam pepaya, termasuk likopen, dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Baca juga: Tidak Disangka, 4 Tanaman Liar Ini Ternyata Bisa Dimakan Lho


6. Mencegah ketombe

Salah satu penyebab utama ketombe adalah jamur mirip ragi yang dikenal sebagai malassezia. Sebuah artikel 2011 Trusted Source menunjukkan, sifat antijamur biji pepaya dapat membantu mengendalikan dan mencegah ketombe.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini