Jangan Terlalu Dekat, Ini 5 Cara Berteman dengan Orang Toxic

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 612 2323803 jangan-terlalu-dekat-ini-5-cara-berteman-dengan-orang-toxic-DQ9WP7YeF4.jpg Teman toxic kadang terlihat menyenangkan (Foto: Bustle)

Memiliki teman memang membuat hidup lebih bermakna. Mereka memberikan dukungan sosial dan emosional, meredakan perasaan kesepian. Teman juga membantu Anda merasa lebih bahagia dan lebih puas dengan hidup.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa bisa saja pertemanan ini menjadi toxic karena teman Anda sendiri merupakan orang  toxic. Seperti diketahui, teman toxic sering menguras energi dan mental Anda.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba cara berikut ini seperti yang dipaparkan oleh Pakar Relationship, Janet Brito, Ph.D seperti dilansir dari Healthline.

 menyendiri

1. Ambil ruang sendiri

Saat Anda merasa lelah menghadapi teman toxic, Anda harus tegas meminta ruang sendiri, berpisah dengannya. Istirahatkan diri Anda dan Anda dapat melihat bagaimana hidup Anda tanpa orang itu di dalamnya.

2. Tetapkan batasan

Menghadapi teman toxic perlu memperjelas batasan-batasan Anda. Misalnya Anda tidak menerima perilaku tertentu, seperti diteriaki, dibohongi, digosipkan, atau mengabaikan rencana tanpa penjelasan. Dengan begitu, mereka akan menyadari kesalahannya dan mungkin akan memperbaiki diri.

3. Sampaikan keputusan Anda secara langsung

Cobalah menyampaikan keputusan Anda secara langsung bahwa Anda saat ini ingin menyepi tanpa dirinya. Jika mereka bereaksi dengan marah atau agresif. Nyatakan kembali keputusan Anda dengan tenang tapi tegas, dan pergilah.

4. Jaga diri Anda sendiri

Setelah Anda memutuskan untuk membatasi hubungan dengan teman toxic, luangkan waktu untuk lebih fokus pada diri sendiri. Anda bisa bermain dengan teman baru, atau menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai dan mencintai Anda.

Anda juga bisa meluangkan waktu untuk tidur yang cukup, fokus pada hobi yang menyenangkan. Isi hidup Anda dengan hal-hal positif.

Baca juga: Tidak Disangka, 4 Tanaman Liar Ini Ternyata Bisa Dimakan Lho

5. Jika dia mengontak

Jika dia mengontakmu, jawab seperlunya saja. Namun Anda tak usah bersikap kasar, hanya jawab seperlunya saja. Lalu bilang kepadanya Anda sedang sibuk dan harus fokus dengan hidup Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini