Share

Sering Dengarkan Musik saat WFH Kurangi Rasa Kesepian Kita Loh

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 01:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 612 2323909 sering-dengarkan-musik-saat-wfh-kurangi-rasa-kesepian-kita-loh-nnJLF1nBSm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENDENGARKAN musik jadi salah satu kegiatan menyenangkan saat Work From Home (WFH). Musik bahkan diciptakan untuk membangkitkan mood seseorang hingga melepas lelah karena pekerjaan menumpuk.

Dosen Senior Konservatorium Queensland, Dr Leah Coutts mengatakan, seseorang yang hobi mendengarkan musik mampu menciptakan rasa kebersamaan. Kegiatan ini menjadi penting di situasi pandemi seperti sekarang.

"Salah satu manfaat bermusik adalah menciptakan rasa memiliki dan partisipasi. Ini tidak hanya mengurangi rasa keterasingan, tetapi juga menyatukan setiap orang yang merasa berjarak akibat adanya aturan jaga jarak," katanya dikutip dari laman Griffith University.

 musik

Head Of Music and Content Resso Christo Putra mengungkapkan, pengguna internet di Indonesia cukup besar. Selain mencari konten bagus, banyak orang mendengarkan musik lewat aplikasi.

"Musik mampu memperstaukan orang-rang, semua bisa bergabung jadi satu lewat musik. Misalanya Kpop itu sangat mendunia sekali. Meski enggak tahu liriknya apa, baik dari artisnya atau lagunya membuat orang bisa berekspresi lalu menghapal liriknya," tuturnya saat Media Virtual Experience, baru-baru ini.

Christo menambahkan, seseorang yang mendengarkan musik bahkan tak sekadar sendiri. Banyak yang sharing dan tak ada batasan gap generasi culture.

"Musik enggak ada kesenjangan ekonomi, mau dengerin musik jazz atau pop, ketika mendengarkan dangdut maka orang bisa goyang. Kita ingin mmpersatukan penikmat musik, tapi juga menyatukan orang lewat sesuatu lewat fitur musik," tuturnya.

Baca Juga: Debut Jadi Model, Putri Steve Job Langsung Foto Tanpa Busana

Diakui Christo, saat mendengarkan musik seseorang pun mudah mengekspresikan diri atau membangkitkan mood lewat musik. Misalnya di mobil saat roadtrip atau di rumah di sela WFH, semua orang senang mendengarkan musik.

Berdasarkan surveinya, selama pandemi Covid-19, banyak orang semakin sering mendengarkan musik. Tentu kegiatan ini jadi salah satu solusi untuk menghilangkan rasa bosan di rumah atau saat kembali bekerja di kantor.

Sepanjang Januari-Juni 2020, lagu pop, jazz atau blues, dan hip-hop adalah beberapa genre musik paling populer didengarkan di aplikasi musik. Ditambah dengan indie alternatif hingga K-Pop, yang menjadi genre baru yang dapat dijelajahi.

"Tren musik saat ini cukup variatif. Namun orang paling familier dengan pop, kpop atau international pop," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini