Selain Tambah Nafsu Makan, Ini 6 Khasiat Kencur yang Wajib Diketahui

Uthari Handayani, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 298 2324366 selain-tambah-nafsu-makan-ini-6-khasiat-kencur-yang-wajib-diketahui-2nVcFNJzD7.jpg Kencur. (Foto: Jcomp/Freepik)

KENCUR adalah bagian dari keluarga tanaman jahe. Perbedaan kuat bisa tercium dari aromanya yang menyengat. Meski begitu, kencur justru banyak digunakan di berbagai masakan dan minuman Indonesia. Salah satunya adalah seblak. Bisa dikatakan kencur sangat penting kehadirannya pada makanan satu ini karena aromanya sangat mewakili.

Selain itu, ternyata kencur menyimpan banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Di antaranya ada sumber seng, etil aster, pati, borneol, paraeumarin, asam kayu manis, mineral, dan nutrisi lainnya.

Baca juga: Rajin Makan 2 Pisang Sehari, Ini Manfaat Kesehatan yang Didapat 

Kencur memiliki khasiat karminatif yang membantu menambah nafsu makan. Tidak jarang digunakan oleh orangtua Indonesia sebagai jamu penambah nafsu makan pada anak.

Lalu khasiat apa yang bisa didapat dari mengonsumsi kencur? Berikut ini deretannya, seperti dirangkum dari Health Benefits Times, Rabu (9/12/2020).

1. Meningkatkan energi

Di Jepang dan Tibet, kencur dipercaya dapat meningkatkan energi, kesadaran, merelaksasi, serta mengatasi kelelahan. Caranya merebus sekira 2 cm kencur dengan segelas air dan meminumnya sebelum tidur.

Kencur (Foto: Hellosehat)

2. Menurunkan kolesterol jahat

Kencur dapat meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Empedu sendiri bertanggung jawab untuk penyerapan nutrisi dan menghilangkan racun seperti kolesterol jahat.

Baca juga: Sehat dan Bugar saat Musim Hujan, Lakukan 4 Aktivitas Pagi Berikut Ini 

3. Sumber antioksidan

Antioksidan pada kencur efektif untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalannya.

4. Obat batuk

Kencur adalah obat alami untuk gejala batuk. Caranya parut kencur yang sudah bersih dan dikupas. Lalu peras untuk mendapatkan airnya, tambahkan perasan jeruk nipis dan madu. Minum secara teratur tiga kali sehari.

Baca juga: 6 Cara Alami Obati Mata Kering, Mudah Dipraktikkan Lho 

5. Mengurangi kembung

Bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, makan mentah setelah bersih dan dikupas dengan menambahkan garam. Kedua, meminum air rebusannya sebanyak satu gelas.

6. Mengobati otot yang terkilir

Haluskan campuran kencur dan beras, lalu terapkan ke area yang ototnya terkilir.

Baca juga: Ini 4 Sumber Karbohidrat yang Baik untuk Program Diet 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini