4 Kreasi Minuman Sehat dari Jahe, Berkhasiat Jaga Kekebalan Tubuh

Diana Rafikasari, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 298 2324748 4-kreasi-minuman-sehat-dari-jahe-berkhasiat-jaga-kekebalan-tubuh-Wj6jKgk0em.jpg Minuman jahe berkhasiat menjaga kekebalan tubuh. (Foto: Jcomp/Freepik)

JAHE menjadi tanaman rimpang yang populer di masa pandemi virus corona (covid-19) ini. Sebab dengan mengonsumsi jahe dapat menambah kekebalan tubuh dan otomatis bisa menangkal serangan wabah penyakit.

Selain itu jahe menyimpan banyak manfaat lain, seperti menyembuhkan mual atau mengobati peradangan, melancarkan pencernaan, hingga mengobati nyeri otot. Jahe juga bisa mengurangi kram saat haid, mengobati asma, kadar kolesterol, melindungi lever, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pagi-Pagi Bagusnya Minum Air Rebusan Jahe, Ini Khasiatnya 

Tidak hanya untuk makanan, jahe juga banyak digunakan untuk berbagai minuman. Contohnya teh jahe panas yang dipercaya dapat mengatasi sakit tenggorokan atau batuk.

Namun, masih banyak lagi minuman yang bisa dibuat dengan jahe untuk meningkatkan kesehatan. Apa saja? Berikut empat minuman yang bisa dibuat dengan jahe, seperti dikutip dari Pink Villa, Rabu (9/12/2020).

1. Jahe dan kapulaga

Jahe dan kapulaga adalah bahan yang meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme. Buat jus jahe segar, tambahkan sedikit bubuk kapulaga, bubuk kunyit, dan 1 sendok teh madu ke dalam cangkir dan tambahkan air panas.

Jahe

2. Jahe lemon

Jahe lemon adalah minuman yang disukai semua orang. Ini adalah minuman yang menyegarkan dan juga dipercaya dapat mengobati gangguan pencernaan dan mabuk perjalanan. Jahe lemon bisa dibuat dengan menambahkan jus jahe, jus lemon, gula, air, soda, dan mint dalam gelas bersama dengan es.

Baca juga: Tips Obati Flu, Konsumsi Jahe hingga Mandi Air Hangat 

3. Teh jahe dan kemangi

Ini adalah minuman yang menenangkan dan membantu mencegah pilek dan batuk. Tambahkan jus jahe, kapulaga, merica, madu, air, kemangi, dan jus lemon kemudian aduk rata.

4. Jus jahe dan biji adas

Minuman ini dapat membantu menyembuhkan gangguan pencernaan dan menenangkan pikiran. Campurkan jus jahe, bubuk biji adas, jus lemon, garam dan sedikit gula. Tambahkan air dan beberapa es batu. Sajikan dingin.

Baca juga: Cek Fakta, Jahe Berbahaya untuk Ibu Hamil? 

Minuman jahe. (NDTV)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini