Ini 4 Sumber Karbohidrat yang Baik untuk Program Diet

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 481 2324235 ini-4-sumber-karbohidrat-yang-baik-untuk-program-diet-rYiMVsI1LZ.jpg Ilustrasi sumber karbohidrat. (Foto: Shutterstock)

TUBUH manusia memerlukan banyak asupan penting sebagai sumber energi, salah satunya adalah karbohidrat. Karbohidrat bisa didapat dari nasi putih beserta lauk-pauknya.

Tapi bagi orang-orang yang sedang melakukan program diet atau menurunkan berat badan, biasanya menghindari memakan nasi putih. Mereka memilih penganan lain yang memiliki fungsi sama.

Baca juga: Sudah Tak Makan Nasi Berat Badan Enggak Turun? Mungkin Anda Kurang Karbohidrat 

Apa saja makanan yang bisa menggantikan nasi putih itu? Simak daftarnya, seperti dirangkum dari Eat This, Rabu (9/12/2020).

Pisang. (Foto: Giorgio Trovato/Unsplash)

1. Pisang

Jika Anda merasa lapar karena sedang mengurangi atau tidak makan nasi putih, cobalah mengonsumsi pisang. Buah berwarna kuning ini dipercaya bisa mengecilkan perut yang buncit.

Pisang juga kaya glukosa, gula yang sangat mudah dicerna, bisa memberikan energi cepat, dan kandungan kaliumnya tinggi untuk membantu mencegah kram otot selama olahraga. Selain itu, satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekira 36 gram karbohidrat baik.

Baca juga: Suka Makan Combo Mi Instan Pakai Nasi? Ternyata Ini Bahayanya 

2. Apel

Sudah bukan rahasia lagi jika buah apel sangat difavoritkan oleh mereka yang sedang menurunkan berat badan. Selain sebagai sumber karbohidrat baik, apel juga tinggi serat. Sebuah penelitian di University of Western Australia menemukan bahwa varietas apel Pink Lady memiliki tingkat antioksidan flavonoid tertinggi atau senyawa pembakar lemak.

3. Brokoli

Sayuran hijau lainnya yang bisa menjadi pengganti karbohidrat dari nasi putih adalah brokoli. Menurut para ahli, brokoli mengandung fitonutrien yang disebut sulforaphane yang meningkatkan testosteron dan melawan penyimpanan lemak tubuh. Tapi jika Anda tidak suka brokoli, masih bisa mengonsumsi kubis, kangkung, dan kembang kol.

Brokoli. (Foto: Shutterbug75/Pixabay)

Baca juga: 7 Efek Buruk saat Tubuh Kebanyakan Asupan Karbohidrat, Waspadai Ya! 

4. Bayam

Selanjutnya ada sayuran hijau yang mudah ditemui dan diolah, yaitu bayam. Selain mengandung karbohidrat baik, bayam juga kaya protein yang membantu pemulihan dan pertumbuhan otot pasca-berolahraga. Terlebih lagi, daun hijau ini juga kaya tilakoid, senyawa yang telah terbukti secara signifikan mengurangi keinginan ngemil.

Selamat mencoba.

Baca juga: 9 Tips Diet untuk Penderita Hipertensi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini