Manfaat Nanas untuk Kesehatan, Lancarkan Pencernaan hingga Cegah Kanker

Iman Firmansyah, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 481 2324318 manfaat-nanas-untuk-kesehatan-lancarkan-pencernaan-hingga-cegah-kanker-D5Iep6BIMB.jpg Nanas. (Foto: Dashu83/Freepik)

NANAS pastinya sudah menjadi buah yang populer bagi masyarakat Indonesia. Nanas diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi, antioksidan, dan senyawa bermanfaat lainnya, salah satunya enzim yang bisa melawan peradangan serta penyakit.

Kemudian senyawa yang terkandung di nanas dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Di antaranya adalah melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mempercepat pemulihan dari operasi.

Baca juga: Studi: Batang Nanas Berpotensi Jadi Obat Penangkal Covid-19 

Lalu ternyata masih ada manfaat lain dari nanas untuk kesehatan tubuh manusia. Apa saja? Berikut ini deretannya, seperti dirangkum dari laman Healthline, Rabu (9/12/2020).

1. Penuh kandungan nutrisi

Nanas rendah kalori dan memiliki kandungan nutrisi yang sangat mengesankan. Nanas juga mengandung vitamin A dan K, fosfor, seng dan kalsium. Vitamin C dikenal sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dari makanan.

Buah nanas

2. Mengandung antioksidan

Tidak hanya kaya nutrisi, nanas juga mengandung antioksidan yang berguna bagi tubuh. Sebab, antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh Anda melawan stres oksidatif. Nanas juga sangat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik.

Baca juga: Cara Memotong Nanas dengan Benar, Simak Ya 

3. Melancarkan pencernaan

Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain yang berfungsi sebagai protease yaitu sebagai memecah molekul protein ke dalam blok bangunan seperti asam amino dan peptida kecil. Setelah molekul protein dipecah, mereka lebih mudah diserap di usus kecil.

4. Membantu mengurangi risiko kanker

Seperti diketahui, kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangannya sangat terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nanas dan senyawa di dalamnya dapat mengurangi risiko kanker karena dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

5. Lezat dan bisa ditambahkan ke menu diet

Nanas adalah buah yang manis dan mudah dimasukkan ke menu diet Anda. Buah ini juga sangat terjangkau dan tersedia sepanjang tahun. Bisa dibeli dalam bentuk segar, kalengan, atau beku. Anda dapat menikmatinya langsung, memasukannya ke smoothies, salad, atau piza buatan sendiri.

Baca juga: Resep Asinan Nanas, Makanan Segar yang Enak Disantap Siang Hari 

Buah nanas

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini