5 Manfaat Masker Green Tea, Dicoba Yuk

Adella Christyanti, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 611 2324494 5-manfaat-masker-green-tea-dicoba-yuk-Q9jm0LXAJZ.jpg Masker green tea (Foto: Om & The City)

Green tea merupakan bahan alami yang cukup familiar bagi semua orang, dipercaya sebagai bahan alami yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, sebetulnya green tea memiliki ragam manfaat yang lebih dari sekedar dikonsumsi yaitu manfaatnya untuk kulit wajah, itulah sebabnya sering dimasukkan sebagai bahan dalam berbagai jenis produk kecantikan.

Teh hijau memiliki berbagai khasiat terapeutik yang dapat bermanfaat bagi kulit Anda dengan berbagai cara. Apa saja manfaat dari Green Tea? Berikut ini 5 manfaat masker wajah green tea, dilansir dari Healthline.

 green tea

1. Melindungi dari kanker kulit

Teh hijau mengandung polifenol dan enam jenis katekin, dengan epigallocatechin gallate (EGCG) dan epicatechin gallate (ECG) yang memiliki potensi paling besar. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan. Menurut penelitian, kekuatan antioksidan EGCG dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Ini, pada gilirannya, dapat membantu melindungi Anda dari kanker kulit nonmelanoma.

2. Melawan penuaan dini

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan EGCG, yang banyak terkandung dalam teh hijau, memiliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit yang sekarat. Nah, pada Vitamin dalam teh hijau, terutama vitamin B-2, juga dapat membuat kulit tampak lebih awet muda. Vitamin B-2 memiliki kemampuan untuk menjaga kadar kolagen, yang dapat meningkatkan kekencangan kulit Anda.

3. Mengurangi kemerahan dan iritasi

Teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi. Ini karena kandungan polifenol yang tinggi pada teh. Sifat anti-inflamasi teh hijau dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan. Mengoleskan teh hijau ke kulit Anda juga dapat meredakan luka ringan dan sengatan matahari.

4. Mengobati jerawat

Sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba dalam teh hijau dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk jerawat dan kulit berminyak. Menurut penelitian, polifenol dalam teh hijau, bila dioleskan ke kulit, membantu mengurangi sekresi sebum, yang dapat menyebabkan jerawat. Polifenol dalam teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan cara merusak membran bakteri.

 Baca juga: Sehat dan Bugar saat Musim Hujan, Lakukan 4 Aktivitas Pagi Berikut Ini

5. Melembabkan kulit

Teh hijau mengandung beberapa vitamin, di antaranya vitamin E yang dikenal mampu menutrisi dan melembabkan kulit. Para peneliti menemukan bahwa para partisipan mengalami peningkatan kelembapan kulit dan pengurangan kekasaran kulit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini