6 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh, Sering Konsumsi Yuk

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 298 2325250 6-manfaat-jahe-bagi-kesehatan-tubuh-sering-konsumsi-yuk-XssxwNWBuu.jpg Manfaat jahe (Foto: Medical News Today)

Jahe kebanyakan digunakan sebagai bahan penyedap makanan atau jamu tradisional. Jahe juga bisa digunakan untuk tambahan diet sehat.

Tidak hanya menjadi tambahan yang enak untuk masakan karena rasanya yang pedas dan menyegarkan, tapi jahe juga bagus untuk menjaga kesehatan Anda.

Jika rutin mengonsumsi, jahe dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Dilansir dari Insider, berikut Okezone paparkan manfaat jahe bagi tubuh.

 jahe

1. Mencegah kerusakan sel

Jahe memiliki antioksidan yang mencegah kerusakan sel. Akar jahe memiliki salah satu tingkat antioksidan tertinggi dibandingkan makanan lain. Antioksidan dapat mencegah stres oksidatif, seperti kanker, diabetes, dan stroke. Sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit.

2. Anti inflamasi

Jahe juga bertindak sebagai anti inflamasi berkat sifat antioksidannya. Radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan. Sebuah penelitian besar tahun 2001 menemukan bahwa 63% dari mereka yang mengonsumsi ekstrak jahe dua kali sehari selama enam minggu mengalami penurunan nyeri lutut karena peradangan dibandingkan dengan yang tidak.

3. Mengatasi mual

Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol, yang dikenal dapat meningkatkan motilitas lambung. Ini dapat membantu menenangkan perut dan mengurangi gejala mual dan muntah.

Jahe juga merupakan obat herbal yang aman dan efektif untuk ibu hamil yang mengalami mual di pagi hari.

4. Meredakan nyeri haid

Sebanyak 750 hingga 2.000 mg bubuk jahe dapat membantu meredakan nyeri selama 3-4 hari pertama siklus menstruasi.

5. Mengatur kadar gula darah

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 2 gram bubuk jahe per hari dapat meningkatkan indikator gula darah.

 Baca juga: Sebelum Meninggal, Model Azka Aurada Ungkap Berjuang Lawan Sakit

6. Mengobati gangguan pencernaan

Jahe merangsang enzim pencernaan yang bertanggung jawab untuk memindahkan makanan ke seluruh tubuh lebih cepat, mencegah gas. Para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi tiga kapsul jahe mempercepat pengosongan lambung dan mendorong lebih banyak kontraksi antral, yang diperlukan untuk memecah dan mencerna makanan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini