Tips Simpan Bawang Putih Supaya Selalu Awet dan Segar

Diana Rafikasari, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 298 2325466 tips-simpan-bawang-putih-supaya-selalu-awet-dan-segar-u4vJ9OcfuP.jpg Bawang putih. (Foto: Stevepb/Pixabay)

BAWANG putih adalah salah satu bumbu dapur yang keberadaannya sangat penting. Pasalnya, hampir setiap masakan menggunakan bawang putih. Maka itu, harus disimpan dengan baik supaya selalu dalam kondisi awet dan segar.

Ada berbagai cara untuk menyimpan sayuran seperti bawang putih agar selalu dalam kondisi baik. Bisa dengan menyimpannya di lemari es atau dalam ruangan bersuhu normal.

Baca juga: Sehatkan Tubuh, 8 Manfaat Bawang Putih Ini Wajib Kamu Ketahui 

Berikut lima cara menyimpan bawang putih supaya tetap segar dalam waktu lama, seperti dikutip dari Pink Villa, Kamis (10/12/2020).

Bawang putih.

1. Simpan di kantong jaring

Cara terbaik untuk menyimpan bawang putih dalam suhu ruangan adalah dengan menyimpannya di dalam kantong jaring atau keranjang anyaman. Bawang putih harus disimpan pada suhu 60 hingga 65 derajat Celsius dengan kelembapan sedang.

2. Di dalam kulkas

Selalu taruh bawang putih di laci lemari es karena menjaga kelembapan. Ingat, setelah dingin, bawang putih akan bertunas setelah beberapa hari disimpan dalam suhu ruangan. Jadi, keluarkan hanya saat Anda akan menggunakannya.

Baca juga: Kaya Keratin, 3 Makanan Ini Jaga Kita Awet Muda Loh 

3. Di freezer

Untuk menyimpan bawang putih di dalam freezer, Anda perlu mencampurkannya menjadi bubur lalu memasukkannya ke dalam nampan es batu atau di lapisan tipis lembaran silikon.

4. Dipanggang dalam oven

Bawang putih panggang dapat dengan mudah disimpan di dalam freezer untuk waktu yang lama. Anda bisa menggunakannya untuk semua keperluan memasak.

5. Dalam minyak

Anda bisa memasukkan siung bawang putih atau irisan ke dalam stoples dan menutupinya dengan minyak zaitun. Kemudian, Anda bisa menggunakan irisan yang telah dilunakkan untuk memasak atau minyak untuk membuat salad.

Baca juga: Ayah-Bunda, 5 Kebiasaan Sehat Ini Penting Lho Diajarkan ke Anak 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini