BCL Tes Swab Mandiri, Boleh atau Tidak? Dokter Relawan Covid-19 Ingatkan Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 481 2325318 bcl-tes-swab-mandiri-boleh-atau-tidak-dokter-relawan-covid-19-ingatkan-ini-ScX1rdyGGp.jpg Bunga Citra Lestari dan putranya pakai masker (Foto : Instagram/@bclsinclair)

Belum lama ini artis cantik Bunga Citra Lestari (BCL) melakukan tes swab mandiri terhadap Vidi Aldiano. Hal ini tampak dari unggahan video pelatun lagu Nuansa Bening ini di Instagram Stornya. Alhasil banyak yang bertanya apakah swab mandiri diperbolehkan?

Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhammad Fajri Adda’i, mengatakan tes Covid-19 ini pada dasarnya bagus meski kemampuannya tes antigen masih di bawah Polymerase Chain Reaction (PCR). Tapi yang harus diperhatikan adalah sensitivitas serta keahlian seseorang dalam mengambil antigen ini.

Vidi Aldiano

“Ini sangat dipengaruhi oleh bagaimana pengambilan sampel, termasuk dengan PCR. Keahlian seseorang dalam mengambil sampel, itu sangat penting. Ini juga dinotice dan direkomendasikan oleh CDC,” terang dr. Fajri, saat dihubungi Okezone, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga : Heboh Bunga Citra Lestari Tes Swab Sendiri, Amankah? Ini Kata Penelitian

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pemerintah sendiri belum mengatur regulasi swab mandiri. Meski demikian lembaga seperti dokter yang mengatur tentang lab sudah mengatur guideline tentang hal ini.

“Jadi cara ngambilnya itu penting. Kalau ambilnya terlalu cepat dan hanya permukaan luarnya saja, nanti sensitivitas atau kemampuan menemukan virus cenderung lebih rendah. Sebab semua ada tata caranya,” lanjutnya.

Tes Swab

Dokter Fajri mengatakan misalnya saat melakukan swab nasofaring (hidung), maka terdapat bagian khusus di mana sampel bisa diambil. Di sini lah keterampilan dan keahlian petugas kesehatan sangat diperlukan.

“Mereka kalau mau ambil ada pelatihannya dulu dan itu susah banget. Mereka butuh sertifikasi yang handal untuk itu. Nah kalau dikerjakan di rumah, bagaimana bisa memastikan kehandalan dan keakuratan dalam proses pengambilan tersebut?” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini