Pria Juga Bisa Mengalami Mata Panda, Ini 8 Cara Menghilangkannya

Diana Rafikasari, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 481 2325457 pria-juga-bisa-mengalami-mata-panda-ini-8-cara-menghilangkannya-y3t0AWlGYn.jpg Ilustrasi mengalami mata panda. (Foto: Yanalya/Freepik)

MATA panda atau lingkaran hitam di bawah mata ternyata juga bisa dialami pria. Kondisi ini bisa timbul akibat berbagai hal, mulai masalah kesehatan hingga kurang waktu tidur.

Mata panda yang timbul tentu bisa membuat masalah tersendiri dalam penampilan. Hal tersebut ternyata juga bisa membuat kalangan pria merasa tidak nyaman.

Baca juga: 7 Penyebab Mata Panda, Bisa karena Dehidrasi Lho 

Lantas, bagaimana para pria menghilangkan mata panda itu?

Ada beberapa hal yang bisa dicoba tanpa menggunakan riasan. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Healthline, Kamis (10/12/2020).

1. Ubah pola makan

Selain minum cukup air agar tetap terhidrasi, makan makanan yang mendukung kolagen juga bisa menghilangkan mata panda. Menurut studi tahun 2014, asam hialuronat akan mendukung produksi kolagen. Makanan kaya vitamin C dan asam amino yang dapat meningkatkan kolagen serta asam hialuronat antara lain jeruk, brokoli, stroberi, kubis brussel, buah kiwi, dan kembang kol.

Mata panda. (Foto: Javi Indy/Freepik)

2. Tidur cukup

Kurang tidur biasanya tidak akan menyebabkan mata panda, tetapi mungkin membuat wajah pucat, sehingga lingkaran hitam atau bayangan terlihat lebih jelas.

Baca juga: Cara Menghilangkan Mata Panda Tanpa Krim 

3. Atasi alergi

Demam dan alergi lainnya dapat menyebabkan bengkak pada kulit di bawah mata. Ini bisa menyebabkan kulit menjadi gelap atau mata panda.

4. Berhenti merokok

Asap tembakau bisa merusak kulit wajah. Antara lain dapat memecah kolagen.

5. Tambahkan bantal ekstra

Saat berbaring datar, cairan bisa menggenang di kelopak mata bawah dan menyebabkan mata bengkak. Pertimbangkan untuk mengangkat kepala dengan satu atau dua bantal ekstra.

6. Obati eksim

Eksim bisa menipiskan kulit. Bicaralah dengan dokter tentang apa yang memicu eksim, baik pembersih rumah tangga, wewangian, atau wol.

Baca juga: Kesal Mata Panda Tak Kunjung Hilang? Coba Pakai Bahan Masakan Ini 

7. Berhenti menggosok mata

Menggosok mata bisa merusak pembuluh darah kecil di kelopak mata dan kulit di bawah mata. Pembuluh darah yang rusak bisa tampak seperti lingkaran hitam. Sinar UVA dapat menembus jauh ke dalam kulit dan menyebabkan kerusakan elastin dan kolagen yang membuat kulit awet muda.

8. Lebih banyak olahraga

Berolahraga lebih sering dan dalam jangka waktu yang lebih lama akan meningkatkan sirkulasi, sehingga bermanfaat bagi kulit.

Baca juga: WFH Rentan Buat Kulit Kusam, Kenali Penyebabnya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini