7 Cara Mudah Mengatasi Rambut Kusut

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 611 2325202 7-cara-mudah-mengatasi-rambut-kusut-eEe6I6LTgr.jpg Mengatasi rambut kusut (Foto: The Ayuverda)

Rambut yang kusut dapat terlihat semrawut dan tak sedap dipandang mata. Untuk menyisirnya pun membutuhkan perjuangan yang nyata.

Kalau dipaksakan menyisir, rambut kusut malah bisa rontok atau patah. Oleh karena itu, Spesialis di Bidang Diet dan Nutrisi Pooja Banga menyarankan beberapa tips untuk mengatasi rambut kusut, mengembang, dan keriting, sebagaimana dilansir Times of India.

 keramas

1. Hindari mencuci rambut terlalu sering

Untuk mengatasi ekstraksi minyak alami dari rambut Anda, jangan terlalu sering mencuci. Pastikan untuk mencuci maksimal tiga kali seminggu. Ini akan menjaga kulit kepala tetap bersih tanpa membuatnya kering.

2. Jangan terlalu sering menggunakan catokan rambut

Alasan utama di balik rambut keriting dan kering adalah perlakuan panas yang berlebihan. Pengeringan, pengeritingan, atau penguatan rambut tentu saja membuat rambut terlihat bagus untuk sementara tetapi mengekstrak kelembapan sepenuhnya dalam prosesnya. Bahkan jika Anda menggunakan perawatan panas, pastikan untuk menerapkan pelindung panas pada rambut basah dan menjaga suhu di bawah 200 derajat.

3. Pilih produk rambut yang tepat

Pilih produk dengan bijak berdasarkan jenis rambut Anda untuk memaksimalkannya. Singkirkan produk yang mengandung bahan kimia, pilih alpukat, minyak kelapa, Shea butter, produk berbasis minyak Jojoba. Mereka akan mempertahankan minyak alami di kulit kepala.

4. Kurangi produk berbasis sulfat dan alkohol

Alkohol membuat rambut kering dengan mengekstraksi minyak alami dari kulit kepala dan sulfat mengangkat kutikula rambut yang menyebabkan keriting ekstrim. Alih-alih produk dengan sulfat dan alkohol, gunakan produk berbasis minyak herbal atau gliserin untuk mengembalikan kelembapan pada kulit kepala Anda.

5. Mandi air dingin

Mencuci rambut dengan air dingin meningkatkan sirkulasi darah, mencegah rambut rontok, dan mengunci kelembaban di dalamnya. Jika Anda merasa kesulitan untuk mencuci rambut dengan air dingin di musim dingin, pastikan Anda mencuci rambut dengan air dingin setelah keramas dan pengondisian. Ini akan menutup kutikula dan membuat rambut bebas kusut sepanjang hari.

6. Pakai kondisioner tanpa bilas

Setiap kali setelah keramas, gunakan kondisioner tanpa bilas pada rambut basah. Ini akan membantu mengunci kelembapan dan melindungi rambut pada saat penataan. Pilih kondisioner yang tepat untuk rambut Anda berdasarkan jenis dan kebutuhan rambut Anda. Untuk rambut yang sangat kusut, pilih kondisioner berbahan dasar minyak.

Baca juga: Sebelum Meninggal, Model Azka Aurada Ungkap Berjuang Lawan Sakit

7. Keringkan rambut dengan kain berbahan katun

Alih-alih handuk kasar, cobalah mengeringkan rambut Anda dengan kaus katun lama Anda. Ini akan melawan kusut dan juga akan melindungi kutikula. Peras kelebihan air dari rambut Anda dan oleskan sedikit minyak rambut penghalus ke ujungnya. Biarkan rambut Anda mengering secara alami.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini