Nadine Chandrawinata Pakai Topeng Tolak Bala Bikin Gagal Fokus

Poppy Fadhilah, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 194 2325701 nadine-chandrawinata-pakai-topeng-tolak-bala-bikin-gagal-fokus-1rctwEps1X.jpg Nadine Chandrawinata pakai hudoq (Foto : Instagram/nadinelist)

Nadine Chandrawinata, lama tak terdengar namanya langsung mencuri perhatian di jagad maya. Nadine tampil anggun dengan balutan kebaya tradisional Bali dalam unggahan di Instagran pribadinya @nadinelist baru-baru ini.

Tidak hanya anggun berkebaya, kakak Marcel dan Misca Chandrawinata ini tampil unik dengan menggunakan Hudoq khas Kalimantan Timur. Dalam keterangan fotonya Nadine Chandrawinata menjelaskan, Hudoq adalah topeng tolak bala dan pengusir hama di tradisi agraris Kalimantan, maknanya adalah menjelma menjadi ruh burung, singa atau tikus.

Nadine Chandrawinata

Bentuk dari Hudoq juga memiliki arti. Istri Dimas Anggara ini menjelaskan bentuk pada topeng hudoq mewakili simbol maskulin, dia adalah pelengkap sisi lainya yaitu feminim dalam hal ini alam - bumi.

Hudoq yang dipakai tampak serasi dengan kebaya tradisional Bali yang dikenakan Nadine. Berbahan brukat khas kebaya tradisional Bali, kulit Nadine nampak menawan dengan pilihan warna putih.

Baca Juga : Liburan ke Filipina, Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara 'Direbus' di Kuali Raksasa

Untuk rambutnya, perempuan kelahiran 8 Mei 1984 ini memilih gaya hair bun yang ditata rapi di atas kepalanya. Pada foto di slide pertama, Nadine tampak berdiri di antara dedauan. Nadine berpose menatap kamera.

Nadine Chandrawinata

Sedangkan pada foto di slide kedua Nadine terlihat berpose candid atau tidak menatap kamera. Menunjukkan sisi kiri Nadine, kamera juga terlihat menampilkan lebih detail Hudoq yang dikenakan perempuan kelahiran 8 Mei 1984 tersebut..

โ€œMasa pandemi ini, seperti halnya hudoq melindungi dari hama, masker salah satu upaya kita dalam merespon dan melindungi diri kita dari virus. Tradisi dari masa lalu adalah pesan kearifan bagi generasi setelahnya.โ€ tulis Nadine Chandrawinata dalam keterangan fotonya.

Reaksi Beragam dari Netizen maupun Sang Adik

Penampilan uniknya kali ini tentu tidak luput dari perhatian Netizen. Mulai dari yang memuji, baru pertama kali melihat Hudoq sampai mengungkapkan kebanggannya menjadi orang Kalimantan.

Nadine Chandrawinata

โ€œBaru prtama liat jd lucu aja ๐Ÿ˜Šโ€ komentar akun @reni_anggri.

โ€œMasker sekaligus penjaga jarak. Rawing2 sampingnya itu lho panjang aja. Tapi keren kok. ๐Ÿ‘โ€ ujar akun @upay231177

โ€œExotik dan unik ๐Ÿ˜โ€ puji akun @nurfad_006

โ€œNemu aja nih. ...Luar biasa selaras dengan alam, ide terbangun dari perkembangan zaman. Hudoq revolusioner, secara makna meninggalkan pesan pada kita yg bergelut pada masa pandemi Covid-19 ini.๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•โ€ jelas akun @fenta_peturun.

โ€œKearifan lokal ๐Ÿ’™๐Ÿ’™๐Ÿ’™โ€ kata akun @sukmaa_yumma.

โ€œ@nadinelist terima kasih telah mengangkat salah satu tradisi kami, saya bangga jadi orang Kalimantan ๐Ÿ‘โ€ akun @mommy.dinan berbangga.

Tak ingin tertinggal, sang adik, Mischa Chandrawinata juga memberikan komentarnya.

โ€œKeren abisssssโ€ komennya dengan akun Instagram @mischach.

Nadine nampak membalas salah satu adik kembarnya โ€œ@mischach ๐Ÿ’™๐Ÿ’™โ€

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini