5 Manfaat Teh Hijau, Salah Satunya Menenangkan

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 298 2325771 5-manfaat-teh-hijau-salah-satunya-menenangkan-t124swDU5d.jpg Teh hijau (Foto: Vegetarian Times)

Mengonsumsi teh hijau ternyata membawa banyak manfaat untuk tubuh. Dengan cara menyeduh yang benar, maka akan mendapatkan khasiatnya secara maksimal.

Melansir dari Webmd, tidak banyak proses yang dilakukan saat pembuatan teh hijau. Jadi, di dalamnya mengandung senyawa katekin yang utuh yang tinggi antioksidan. Lantas apa saja manfaat teh hijau?

 teh hijau

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian terhadap teh hijau menunjukkan bahwa minuman ini membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, melancarkan aliran darah dan menurunkan kolesterol.

 

2. Bagus untuk fungsi otak

Semua yang bagus untuk jantung biasanya akan bagus juga untuk otak. Penelitian di Swiss menunjukkan, orang yang meminum teh hijau bisa mengingat lebih baik. Selain itu, teh hijau dapat membantu pemblokiran pembentukan plak yang terjadi pada penyakit Alzheimer.

3. Menjaga gula darah

Katekin pada teh hijau mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Sehingga membantu menjaga gula darah tetap stabil pada penderita diabetes.

4. Menurunkan berat badan

Teh hijau sering dijadikan minuman untuk mendetoks tubuh. Tentunya konsumsi teh ini dengan tanpa pemanis seperti gula dan madu.

Baca juga: Nadine Chandrawinata Pakai Topeng Tolak Bala Bikin Gagal Fokus

5. Menenangkan

Teh hijau memiliki bahan kimia alami bernama theanine yang dapat memberikan ketenangan pada tubuh. Cara terbaik membuat teh hijau adalah dengan memasukkannya ke air bersuhu 60-70◦C karena senyawa katekin yang bertemu dengan air mendidih akan menjadikannya buruk. Lalu menambahkan perasan air lemon. Vitamin C yang bercampur dengan senyawa tersebut akan lebih mudah diserap tubuh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini