Sering Bad Mood, Coba Atasi dengan Nutrisi Ini Yuk

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 298 2325925 sering-bad-mood-coba-atasi-dengan-nutrisi-ini-yuk-IVDA6S1Iac.jpg Bad mood parah (Foto: Pexels)

Di tengah pandemi Covid-19 kita sering merasa bad mood sebab terkadang masa depan terasa suram. Namun perasaan semacam ini tak boleh dibiarkan berlarut-larut.

Dilansir dari laman Times Now News, asupan makanan ternyata bisa mempengaruhi mood. Orang yang kekurangan mikronutrien seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D, kalsium, zat besi, dan folat, dikaitkan dengan penurunan fungsi kualitas hidup.

Oleh karena itu, nutrisi yang baik membantu membangun yang diperlukan untuk memproduksi bahan kimia di otak, yakni diperlukan untuk mengatur suasana hati dan perilaku kita menjadi lebih baik. Nah, berikut ini sejumlah nutrisi yang wajib dikonsumsi guna memperbaiki suasana hati.

 kacang-kacangan

1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 memberikan banyak manfaat bagi otak dan tubuh Anda. Dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, melawan peradangan dan penyakit autoimun.

Kekurangan jenis lemak ini dapat menyebabkan suasana hati yang tidak stabil, depresi, kecemasan, fokus yang buruk, dan kurang perhatian. Ikan berlemak seperti sarden, salmon, dan mackerel merupakan sumber lemak omega-3 yang sangat baik. Sumber makanan lain termasuk kacang-kacangan, biji-bijian dan tiram, dan lain-lain.

2. Vitamin B12

Asupan vitamin B12 yang cukup membantu menjaga kesehatan fungsi otak, jaringan saraf, dan produksi sel darah merah. Vitamin ini bisa memperbaiki mood Anda. Vitamin B12 ditemukan pada daging, ikan, produk susu. Orang yang tidak makan daging, seperti vegan, bisa mendapatkan vitamin B12 dalam bentuk suplemen. Juga, beberapa jenis sereal sarapan dan susu diperkaya dengan B12.

3. Vitamin D

Vitamin D diperlukan untuk memproduksi neurotransmitter, dan kadar yang rendah telah dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan sejumlah gejala kesehatan mental lainnya. Vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Anda bisa mendapat nutrisi Vitamin D dengan berjemur di pagi hari, makan kuning telur, ikan berlemak, keju, sereal dan jus yang diperkaya.

4. Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang sangat penting. Magnesium juga terlibat dalam ratusan reaksi kimia dalam tubuh manusia. Kekurangan magnesium dapat meningkatkan kecemasan dan kepanikan, gelisah, kurang tidur, dan mudah tersinggung. Makanan yang tinggi magnesium yaitu antara lain sayuran hijau (bayam, kangkung, collard hijau), biji-bijian, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, coklat hitam, dan beberapa ikan berlemak.

5. Selenium

Manusia membutuhkan selenium, mineral esensial yang memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh mulai dari reproduksi hingga melawan infeksi. Ini bertindak sebagai antioksidan kuat dan membantu meningkatkan mood baik. Ini juga penting untuk kesehatan tiroid, di antara berbagai lainnya. Selenum terdapat pada ayam, kalkun, ikan, telur, keju cottage, susu dan yogurt, kacang brazil, bayam, pisang, jamur.

Baca juga: Nadine Chandrawinata Pakai Topeng Tolak Bala Bikin Gagal Fokus

 

6. Seng

Seng adalah mineral penting yang Anda butuhkan untuk kesehatan yang baik. Kekurangan seng dapat memengaruhi suasana hati dan tingkat kecemasan, mengurangi nafsu makan, dan membuat orang pada umumnya merasa tidak memiliki energi atau motivasi untuk melakukan sesuatu. Mineral ini berlimpah dalam daging tanpa lemak, kerang, polong-polongan, biji-bijian, telur, produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini