Terungkap Manfaat Kafein, Ternyata Bisa Tingkatkan Kemampuan Fokus Lho

Diana Rafikasari, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 298 2325984 terungkap-manfaat-kafein-ternyata-bisa-tingkatkan-kemampuan-fokus-lho-Eph2GuXQV4.jpg Ilustrasi minuman mengandung kafein. (Foto: Rawpixel/Freepik)

KAFEIN ternyata memiliki manfaat untuk tubuh manusia. Berdasarkan hasil studi baru, kafein bisa meningkatkan kemampuan fokus seseorang dan peningkatan kewaspadaan. Demikian diungkapkan para peneliti, sebagaimana dilansir Times Now News.

"Dalam budaya Barat, kafein secara stereotip dikaitkan dengan pekerjaan kreatif dan gaya hidup, dari penulis hingga pemrogram. Ada benarnya juga dengan stereotip ini," ungkap Darya Zabelina, salah satu peneliti sekaligus asisten profesor di Universitas Arkansas di Amerika Serikat.

Baca juga: Wow, Kafein Bisa Dongkrak Kinerja Tubuh saat Olahraga 

Studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Consciousness and Cognition ini membedakan pemikiran konvergen dari divergen. Pertama didefinisikan sebagai mencari solusi spesifik untuk suatu masalah, misalnya, jawaban yang benar. Sedangkan yang kedua dicirikan oleh generasi ide di mana satu set besar respons yang tepat, novel, atau menarik akan cocok.

Ilustrasi fokus. (Foto: Freepik)

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kafein terbukti meningkatkan pemikiran konvergen. Sementara mengonsumsinya tidak memiliki dampak signifikan pada pemikiran divergen.

Dalam penelitian ini, 80 sukarelawan secara acak diberikan pil kafein 200 mg atau setara dengan satu cangkir kopi yang kuat atau plasebo.

Baca juga: Ibu Hamil Masih Boleh Konsumsi Kafein, Asal.... 

Mereka kemudian diuji pada ukuran standar pemikiran konvergen dan divergen, memori kerja dan suasana hati. Selain hasil kreativitas, kafein tidak secara signifikan memengaruhi memori kerja, tetapi subjek uji yang mengonsumsinya melaporkan rasa kurang sedih.

"(Sebanyak) 200 mg meningkatkan pemecahan masalah secara signifikan, tetapi tidak berpengaruh pada pemikiran kreatif. Itu juga tidak membuatnya lebih buruk, jadi teruslah minum kopimu; itu tidak akan mengganggu kemampuan ini," jelas Zabelina.

Baca juga: Deretan Minuman yang Mengandung Kafein Bisa Bangkitkan Semangat Pagi 

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini