Tarif Cukai Naik Pertanda Harus Berhenti Merokok, Ikuti 5 Cara Ampuh Ini

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 07:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 481 2325584 tarif-cukai-naik-pertanda-harus-berhenti-merokok-ikuti-5-cara-ampuh-ini-FNhWxBJ7Y1.jpg Ilustrasi dilarang merokok. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH Indonesia akan menaikkan tarif cukai rokok sebesar 12,5 persen. Kenaikan ini dimulai Februari 2021, dan tentunya akan berdampak pada kenaikan harga rokok. Kondisi ini pun dinilai sebagai pertanda para perokok harus segera berhenti merokok. Pasalnya, banyak hal buruk dari merokok, terutama dari sisi kesehatan.

Banyak orang mungkin juga telah berusaha mencoba berhenti merokok. Tetapi sayangnya, kembali ke benda penuh nikotin tersebut.

Baca juga: Cukai Rokok Naik, Simak Ini Berbagai Bahaya Merokok! 

Memutuskan berhenti merokok memang merupakan langkah yang berani. Tetapi, benar-benar berhenti merokok, bukanlah hal yang mudah.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara ampuh untuk membuat bisa berhenti merokok. Apa saja? Berikut daftarnya, seperti dilansir dari Mayo Clinic.

1. Temukan pemicunya dan hindari

Hal pertama yang bisa Anda coba untuk berhenti merokok adalah mencari alasan mengapa harus merokok. Misalnya saat berada di pesta atau ketika sedang stres. Setelah menemukan pemicunya, Anda bisa menghindari atau mencari pengganti serta mendoktrin agar tidak merokok.

Olahraga lari. (Foto: Tikkho Maciel/Unsplash)

2. Latihan fisik

Olahraga atau aktivitas fisik dapat membantu mengalihkan Anda dari keinginan merokok. Bahkan aktivitas fisik yang singkat seperti berlari, naik turun tangga beberapa kali, bisa membuat keinginan merokok hilang.

Baca juga: Sebabkan Penyakit Komorbis, Berhenti Merokok Yuk

3. Mencoba teknik relaksasi

Apakah Anda merokok untuk menghilangkan stres? Jika iya, cobalah mengatasi stres dengan cara yang lebih sehat. Hilangkan stres dengan mempraktikkan teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan dalam, relaksasi otot, visualisasi, pijat, atau menyimak ceramah yang menenangkan.

4. Membuat pengingat untuk diri sendiri

Kunci berhenti merokok adalah diri sendiri. Tetapi kadangkala, diri sendiri lupa atau lalai. Oleh karena itu, cobalah membuat pengingat untuk diri sendiri, mengapa Anda harus berhenti merokok. Misalnya dengan berhenti merokok, Anda akan merasa lebih baik, lebih sehat, dan membuat orang-orang yang dicintai di sekitar tidak menjadi perokok pasif.

5. Terapi pengganti nikotin

Jika berbagai cara tidak ampuh bagi Anda, cobalah menghubungi dokter dan mencari pengganti nikotin. Misalnya seperti semprotan hidung, inhaler, permen karet, permen pelega tenggorokan, hingga resep obat penghenti rokok.

Baca juga: Waspada Covid-19, Ini 4 Cara Jaga Kesehatan Paru-Paru 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini