10 Pengobatan Rumahan untuk Hilangkan Ketombe, Yuk Dicoba

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 481 2325594 10-pengobatan-rumahan-untuk-hilangkan-ketombe-yuk-dicoba-xGt2tBTwWr.jpg Ilustrasi rambut berketombe. (Foto: The Burgundy Affair)

KETOMBE adalah nama umum untuk dermatitis seboroik pada kulit kepala. Ini merupakan suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi merah, bersisik, dan gatal akibat terlalu banyak jamur yang ada di area kulit berminyak.

Ketombe ditandai serpihan putih yang rontok di bahu saat Anda mengenakan baju berwarna gelap. Ketombe terjadi ketika kulit tidak terkelupas dengan baik dan kulit mati tersangkut di kulit kepala dan mulai mengelupas serta gatal.

Baca juga: Ketombe Susah Hilang? Hati-Hati Gula Anda Tinggi 

"Ketombe bisa jadi karena genetic atau lingkungan. Ketombe juga tidak ada hubungannya dengan kebersihan yang buruk. Ini adalah kondisi kulit yang nyata. Namun, ini bisa diobati jadi tidak perlu khawatir," ungkap Debra Jaliman, dokter kulit dan asisten profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran Icahn New York di Mount Sinai, seperti dikutip dari Repeller.

Berikut ini pengobatan rumahan untuk menghilangkan ketombe, seperti dirangkum dari Healthsite, Jumat (11/12/2020).

1. Lidah Buaya

Gel lidah buaya mengandung khasiat penyembuhan, antibakteri, dan antijamur. Menggunakan gel lidah buaya segar pada kulit kepala dapat mencegah ketombe. Biarkan gel selama 30 menit. Lalu cuci rambut Anda dengan sampo berbahan dasar lidah buaya juga.

Lidah buaya

2. Apel

Satu buah apel per hari dapat menghindarkan Anda dari penyakit. Selain itu bisa mengilangkan ketombe juga, karena apel memiliki sifat antijamur dan anti-inflamasi.

Buatlah pasta dengan jumlah apel dan jeruk yang sama dan oleskan pada kulit kepala. Cuci rambut Anda setelah 20–30 menit dengan sampo.

3. Tepung gram (besan)

Tepung gram atau besan adalah tepung nadi yang terbuat dari sejenis kacang arab yang digiling disebut gram buncis. Ini adalah bahan pokok masakan di India, Bangladesh, Burma, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.

Tepung gram juga bisa jadi bahan pembersih yang efektif. Dapat menghilangkan kotoran dan berguna menghilangkan ketombe. Oleskan tepung gram yang dicampur dengan dadih (yogurt tradisional khas Minangkabau yang terbuat dari susu kerbau) pada kulit kepala Anda. Bilas setelah 20 hingga 30 menit.

Baca juga: Tarif Cukai Naik Pertanda Harus Berhenti Merokok, Ikuti 5 Cara Ampuh Ini

4. Dadih

Dadih dengan sifat asam dan pengondisiannya membantu melawan ketombe. Fermentasi sedikit dadih cukup untuk menutupi kulit kepala Anda selama dua hari. Terapkan dan simpan selama satu jam. Cuci bersih dengan sampo ringan. Lakukan ini setidaknya dua kali seminggu.

5. Jahe

Akar jahe dan ubi bit merah, dua bahan alami ini dapat membuat keajaiban pada rambutmu. Haluskan jahe dan ubi bit merah sampai menjadi pasta. Setiap malam, pijat rambut pasta tersebut, lalu bilas di pagi hari. Bahan ini membantu mengendalikan ketombe secara efektif dalam waktu sekira 4 sampai 5 malam.

6. Daun Henna

Penggunaan daun henna telah diterapkan selama beradab-abad dan telah dikenal dapat mengurangi ketombe. Daun henna memiliki sifat kuratif serta memperbaiki. Campur pacar, amla, bubuk teh, air lemon dengan dadih. Tambahkan beberapa tetes minyak rambut. Diamkan selama 10 sampai 12 jam. Oleskan pada rambut Anda dan biarkan selama satu jam. Cuci bersih dengan sampo.

Baca juga: Beautypedia, Apa Itu Ketombe? 

7. Jeruk Nipis

Sifat asam dalam jeruk nipis segar membersihkan sel-sel mati dan membantu menyembuhkan ketombe. Tambahkan satu sendok makan air jeruk nipis segar ke dalam air untuk bilasan terakhir saat Anda mencuci rambut.

Jeruk nipis. (Foto: Eatwell)

8. Kelabet (fenugreek)

Kelabet atau fenugreek memiliki sifat antijamur dan menenangkan kulit kepala. Rendam biji fenugreek semalaman dalam air dan haluskan hingga menjadi pasta halus. Oleskan pasta ini ke kulit kepala selama 30 hingga 45 menit. Bilas dengan sampo.

9. Daun mimba

Daun mimba memiliki sifat antibakteri, antijamur, antiseptic, dan anti inflamasi sehingga sangat efektif mengatasi ketombe. Rebus daun mimba, lalu gunakan air ini untuk membilas rambut.

Baca juga: 5 Tanda Rambut Berketombe, Salah Satunya Gatal di Kulit Kepala 

10. Daun kemangi

Daun kemangi telah digunakan sejak lama untuk penyembuhan. Campur daun kemangi (tulsi) dan bubuk amla dengan air hingga menjadi pasta. Pijatkan di kulit kepala. Biarkan selama setengah jam. Bilas rambut dengan air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini