Sering Kelelahan Akibat Overthinking, Atasi dengan 6 Cara Berikut

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 481 2326015 sering-kelelahan-akibat-overthinking-atasi-dengan-6-cara-berikut-2ow9h4659w.jpg Sering Overthinking (Foto: Newsgram)

Sejatinya overthinking alias memikirkan segala sesuatu yang belum terjadi hanya membunuh kebahagianmu saat ini. Khawatir terlalu banyak atas apa yang akan terjadi di masa depan hanya membuatmu lelah secara mental dan fisik.

Mungkin memang tidak mudah untuk mengatasi overthinking tetapi Anda bisa mencoba mengatasinya secara perlahan. Dilansir dari Healthline di bawah ini, Timothy J. Legg, Ph.D., CRNP menunjukkan sejumlah cara yang mungkin dapat membantu Anda untuk menangani masalah overthinking.

 overthinking

1. Coba cari apa yang sering Anda pikirkan

Cara Anda menanggapi pikiran terkadang dapat membuat Anda menjadi merenung dan memikirkan hal tersebut berulang kali. Coba cari tahu apa yang Anda pikirkan terus-menerus.

Lalu perhatikan bagaimana pikiran itu memengaruhi suasana hati Anda. Apakah Anda merasa kesal, bad mood, lelah? Apa emosi utama di balik pikiran Anda? Setelah mendapatkan jawabannya, coba untuk ubah pola pikir Anda. Kalau lebih banyak negatifnya, coba singkirkan pikiran itu.

2. Temukan gangguan

Cari hal yang mempengaruhi pikiran Anda saat itu. Hentikan berpikir berlebihan yang dapat memengaruhi segala aktivitas Anda. Lakukan hal-hal yang dapat mengalihkan fokus Anda.

Misalnya saat pikiran menyita energi Anda, lebih baik disingkirkan dengan melukisn, mencoba resep baru, olahraga, atau menjadi relawan suatu organisasi. Sibukkan diri Anda sehingga Anda lupa dengan hal yang telah mengganggu pikiran Anda.

 

3. Tarik napas dalam-dalam

Pejamkan mata dan tarik napas dalam-dalam. Hal ini membantu menjernihkan pikiran Anda dari hal-hal yang telah mengganggu pikiran Anda.

4. Lakukan hal baik untuk orang lain

Mencoba meringankan beban orang lain dapat membantu Anda melupakan segala sesuatu yang telah mengganggu pikiran Anda. Pikiran Anda teralihkan karena Anda mencari cara-cara untuk seseorang melalui masa-masa sulitnya.

5. Pertimbangkan sudut pandang lain

Terkadang, menenangkan pikiran membutuhkan langkah keluar dari perspektif Anda yang biasanya. Cara Anda memandang dunia dibentuk oleh pengalaman hidup, nilai, dan asumsi Anda. Membayangkan sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dapat membantu Anda mengatasi beberapa kebisingan pikiran Anda.

Baca juga: Terungkap Manfaat Kafein, Ternyata Bisa Tingkatkan Kemampuan Fokus Lho

6. Berlatih menyayangi diri sendiri

Perhatikan pikiran yang membuat stres, emosi, dan respons tubuh yang muncul. Akui bahwa perasaan Anda benar untuk Anda saat ini. Berbicara pada diri Anda sendiri, seperti "Saya menerima diri saya apa adanya." atau "Saya ini cukup."

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini