Pembesaran Jantung Bukan Penyakit? Kenali Penyebabnya

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 00:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 481 2326123 pembesaran-jantung-bukan-penyakit-kenali-penyebabnya-JowxC2ldKG.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KABAR duka datang dari salah satu kontestan Indonesian Idol Special Season 2020, Melisha Sidabutar. Melisha awalnya dikabarkan mengalami pembengkakan jantung, meskipun ayahnya kemudia menyebut adanya masalah dalam katup jantung.

Lantas, apa sih sebenarnya pemicu atau penyebab pembengkakan jantung seperti dialami Melisha Sidabutar dan bagaimana mencegahnya?

"Pembengkakan jantung (kardiomegali) berarti jantung Anda lebih besar dari biasanya. Jantung Anda bisa membesar jika otot bekerja sangat keras sehingga menebal, atau jika bilik melebar," demikian seperti dikutip dari Healthline.

jantung

Tapi, jantung yang membesar bukanlah penyakit. Ini adalah gejala kelainan atau kondisi jantung yang membuat jantung bekerja lebih keras, seperti kardiomiopati, masalah katup jantung, atau tekanan darah tinggi.

Jantung yang membesar tidak dapat memompa darah seefisien jantung yang tidak membesar. Ini dapat menyebabkan komplikasi seperti stroke dan gagal jantung.

Baca Selengkapnya: Melisha Sidabutar Meninggal Akibat Pembengkakan Jantung, Kenali Pemicunya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini