7 Manfaat Teh untuk Kecantikan, Hilangkan Mata Panda hingga Pengganti Toner

Uthari Handayani, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 12 481 2326286 7-manfaat-teh-untuk-kecantikan-hilangkan-mata-panda-hingga-pengganti-toner-d8om3vMCxb.jpg Ilustrasi teh (Foto: Freepik)

Teh tidak hanya baik untuk diminum, ampas teh juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Dilansir dari laporan Food Ndtv, teh memiliki kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan antipenuaannya membantu kulit lebih sehat dan glowing.

Jadi, sayang sekali jika membuangnya begitu saja. Berikut cara menggunakan teh secara maksimal pada wajah:

1. Mengempeskan kantung mata dan menghilangkan mata panda

Teh memiliki kandungan kafein dan tanin. Kafein berguna untuk mengecilkan pembuluh darah, sehingga berguna untuk menghilangkan mata panda. Sementara tanin membantu mengurangi bengkak pada mata. Taruh kantung teh yang basah dan letakan di mata lalu diamkan hingga 5 sampai 10 menit.

Ilustrasi teh 

Baca juga: Amanda Manopo Pakai Jumpsuit Sleeveless, Manis Banget Sih

2. Menenangkan kulit terbakar

Paparan sinar matahari langsung bisa membuat kulit terbakar dan meninggalkan bekas. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan anduk yang dibasahi air teh yang sudah dingin. Lalu letakkan ke area kulit yang terbakar selama 30 menit.

3. Mengurangi kemerahan pada wajah

Anda bisa juga menaruh kantung teh pada wajah yang dipercaya bisa mengurangi kemerahan.

4. Gunakan sebagai toner

Jika kehabisan toner dan tidak sempat pergi keluar, cobalah sekakkan kantung teh basah pada wajah. Sifat astringen pada teh berfungsi sama seperti toner yang bisa membersihkan wajah dan tidak membuatnya terlalu berminyak.

5. Memperbaiki bibir pecah-pecah

Rendaman kantung teh hijau dipercaya dapat meredakan bibir pecah-pecah dan mengembalikannya ke kondisi semula.

6. Menyerap minyak

Teh melati memiliki sifat antimikroba yang bagus untuk menyerap minyak berlebih dan mengobati jerawat. Seduh teh dan biarkan dingin, lalu oleskan pada kulit. Menggunakan masker teh ini juga membantu menjaga tingkat pH kulit.

Ilustrasi teh 

7. Pembersih muka

Teh putih memiliki antioksidan lebih banyak dari teh hijau. Buatlah pasta teh putih untuk membersihkan wajah dengan menyeduh dan mengambil daunnya saja. Lalu haluskan teh yang masih lembap agar hasilnya kental. Biarkan dingin dan segera gunakan untuk membuat wajah terlihat lebih glowing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini