3 Manfaat Kentang yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Minggu 13 Desember 2020 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 13 298 2326711 3-manfaat-kentang-yang-jarang-diketahui-apa-saja-LXVLneSaNU.jpg Manfaat kentang (Foto: Healthline)

Kentang dikenal sebagai sumber serat yang baik dan berfungsi mencegah penyakit dalam tubuh karena antioksidannya. Sayuran ini mudah ditanam dan dihidangkan dengan berbagai menu. Tak jarang sayuran ini diolah dalam sayur sup, atau kentang goreng dan donat.

Sayuran yang paling umum di konsumsi di Amerika Serikat ini dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menjaga kadar kolesterol dan gula darah.

Seperti dilansir dari WebMD, apa saja manfaat kentang?

 kentang

1. Baik untuk pencernaan

Serat yang ditemukan dalam kentang disebut pati resisten. Memiliki manfaat kesehatan baik dari serat larut maupun serat tidak larut, serta menghasilkan lebih sedikit gas dibandingkan jenis serat lainnya.

Seperti serat larut, pati resisten dalam kentang bekerja sebagai prebiotik, bakteri baik di usus besar yang meningkatkan kesehatan usus. Juga, serat tidak larutnya dapat mencegah atau mengobati sembelit dan sindrom iritasi usus besar.

2. Mencegah penyakit

Kentang mengandung antioksidan yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu, kulit kentang mengandung antioksidan 12 kali lebih banyak daripada dagingnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan hilangkan kulitnya saat ingin dikonsumsi.

Baca juga: Pacaran 6 Bulan, Binaragawan Ini Pilih Nikahi Boneka Seks

3. Menurunkan tekanan darah

Kulit kentang panggang merupakan sumber potasium dan magnesium yang baik. Diet kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, melindungi jantung, dan mengurangi risiko stroke.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini