5 Tanda Kamu Sedang Membuang Buang Waktu

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 12 2327295 5-tanda-kamu-sedang-membuang-buang-waktu-ghr2lTCk8s.jpg Foto: (Instagram: @kejarmimpi.id)

Waktu adalah uang. Kalimat tersebut menyimpulkan bahwa waktu merupakan hal yang sangat berharga. Dalam satu hari Anda hanya memiliki waktu 24 jam. apakah Anda sudah efektif menggunakan waktu tersebut setiap hari? Atau, banyak waktu yang tanpa Anda sadari sebenarnya terbuang sia-sia untuk melakukan sesuatu yang tidak berguna?

Pembuangan waktu akan menjauhkan Anda dari fokus pada apa yang sebenarnya lebih penting untuk Anda lakukan. Jika Anda ingin menjadi orang yang sukses dalam #KejarMimpi, Anda harus memiliki fokus terhadap apa yang harus Anda lakukan. Jangan sampai tanpa disadari, Anda sering membuang buang waktu sebaiknya berhentilah membuang waktu dan fokus terhadap apa yang menjadi tujuan Anda.

Berikut beberapa tanda kalau Anda sedang membuang-buang waktu:

1. Tidak memiliki jadwal harian

Seseorang yang sedang bersungguh-sungguh dalam proses mengejar mimpinya akan punya list pekerjaan yang harus dikerjakan dalam satu hari atau Anda harus membuat jadwal kegiatan prioritas.

Apabila Anda tidak mengetahui prioritas mana yang harus lebih didahulukan, maka Anda akan membuang-buang banyak waktu. Ketahuilah prioritas Anda, karena hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengefektifkan waktu setiap harinya.

2. Banyak melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat

Orang yang punya tujuan nggak membuang waktu melakukan kegiatan yang kurang penting karena 24 jam aja rasanya masih kurang buat mereka.

Kegiatan yang kurang bermanfaat seperti bermain media sosial setiap hari, berhentilah untuk melakukan hal tersebut! Kurangi waktu Anda untuk menggunakan sosial media, dan mulailah untuk melakukan sesuatu yang lebih positif dan juga bermanfaat.

3. Jadwal tidur nggak teratur

Tidur adalah hal krusial untuk hidup yang sehat. Jika Anda terlalu sibuk untuk mendapatkan tidur yang cukup atau memiliki kebiasaan buruk terjaga sampai pagi, Anda perlu mengevaluasi ulang kebiasaan Anda.

Orang yang produktif akan mencurahkan energinya seharian penuh dan merasa lelah di penghujung hari. Makanya mereka punya jam tidur yang lebih teratur.

4. Lebih banyak berencana daripada eksekusi

Orang yang tahu apa yang harus dicapai akan melakukan rencananya sekalipun belum matang. Mereka nggak akan menjadi perfeksionis dengan hanya membuat rencana tapi minim eksekusi, untuk mengejar mimpi-mimpinya seseorang harus memiliki rencana yang matang serta tindakan eksekusi dalam proses mencapai mimpi-mimpinya.

5. Sering menunda-nunda tugas

Ada banyak hal yang membuat seseorang menunda-nunda pekerjaan. Penyebabnya bisa karena rasa malas; keasyikan bermedia sosial; atau tenggat waktu yang masih jauh. Kalau Anda punya kebiasaan menunda-nunda tugas, sebaiknya segera hilangkan kebiasaan itu, ya, karena bisa jadi Anda sedang membuang-buang waktu.

Tugas yang seharusnya bisa selesai lebih cepat, justru bisa membuat Anda kerepotan dan tertekan sendiri kalau Anda tunda dan baru dikerjakan saat mendekati batas waktu. Belum lagi jika muncul tugas-tugas tambahan lain yang ternyata harus Anda selesaikan di waktu yang sama. Duh, jadi menyesal, 'kan?

Sadar atau nggak, waktu adalah hal yang paling sering kita sia-siakan (selain perasaan…. ehem). Yuk, pintar-pintar evaluasi diri jangan sampai kita tergolong kelompok yang membuang waktu.

 CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini