Anak Sulit Fokus saat Belajar Online? Ini Trik Jitunya!

Agustina Wulandari , Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 12 2327384 anak-sulit-fokus-saat-belajar-online-ini-trik-jitunya-IyqFqFjAnI.jpg Foto : Freepik

Di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) seperti sekarang ini, system pendidikan masih memberlakukan peserta didik untuk Belajar dari Rumah (BDR) secara daring demi mencegah bertambahnya klaster baru pandemi Covid-19. Namun hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk para orangtua, karena buah hati sulit fokus dan cenderung bosan ketika harus menghadapai belajar daring.

Perlu menjadi perhatian khusus bagi orangtua agar anak tetap fokus belajar dan belajar menjadi menyenangkan selama di rumah. Orangtua tidak perlu stres dan anak pun tetap fokus belajar. Nah, simak yuk tips and trick bagaimana membuat anak tetap fokus saat belajar online:

1. Buatlah Jadwal Kegiatan

Meski belajar di rumah, seringkali anak-anak dibekali PR yang menumpuk. Untuk tetap fokus mengerjakan setiap PR yang diberikan, sebaiknya ajari anak untuk membuat jadwal kegiatan. Dengan adanya jadwal otomatis anak akan terbiasa fokus mengerjakan satu pekerjaan lebih dulu baru memulai pekerjaan yang lain.

2. Ciptakan Ruangan Nyaman untuk Belajar

Ruang belajar yang nyaman menjadi penentu anak bisa lebih fokus. Ciptakan ruang dengan pencahayaan memadai, internat yang lancar, dan bersih serta barang-barang yang diperlukan saat belajar. Hal tersebut akan membuat anak lebih enjoy saat belajar dan membuat mood-nya lebih baik.

3. Jauhkan dari Distraksi

Hal-hal yang mengganggu bisa membuat anak terdistraksi. Untuk itu, saat belajar online, jauhkan dari gadget, mainan, ataupun televisi yang bisa mengganggu konsentrasinya. Ada waktu untuk bermain dan belajar. Matikan ponsel dan televisi, lalu berikan pemahaman kepada anak bahwa tugas belajar adalah hal prioritas yang harus dikerjakan.

4. Aktivitas Fisik

Anak-anak mudah cepat bosan saat harus diam dan berhadapan pada satu hal. Buatlah dirinya senyaman mungkin. Ajak sang buah hati bergerak, sekedar meregangkan tubuh atau berjalan-jalan sebentar untuk membuatnya fokus belajar kembali.

5. Asupan Makanan Bergizi

Selain menemaninya belajar, para orangtua pun bisa membantu belajar anak dengan memberi asupan yang bergizi dan baik untuk perkembangan otaknya. Ikan, sayuran, dan teh hijau dipercaya mempu meningkatkan konsentrsai dan daya kembang otak anak.

6. Atur Waktu Istirahat

Setelah mengerjakan tugas dan harus fokus terhadap satu pekerjaan, tentu anak merasa kelelahan. Jika mereka sudah lelah, tak perlu memaksa anak untuk terus belajar. Atur waktu untuk beristirahat agar mood si kecil tetap terjaga dan bisa kembal fokus pada tugasnya. Berikan si buah hati air putih dan cemilan serta melakukan hal yang mereka sukai dengan waktu istirahat 10-15 menit. Dengan melakukan hal tersebut, mereka akan fresh dan fokus untuk belajar kembali.

Nah, mulai sekarang Anda bisa praktikan tips and trick di atas agar sang buah hati tetap fokus meski belajar online. Satu hal lagi, tetap dukung aktivitas mereka. Mungkin memang sulit mengajar anak sekolah di rumah, tetapi pandemi bukanlah halangan untuk mendorong anak tumbuh cerdas. Semoga bermanfaat! (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini