Rajin Minum Jus Rumput Gandum, 4 Manfaat Kesehatan Ini Bisa Kamu Dapat

Antara, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 298 2327388 rajin-minum-jus-rumput-gandum-4-manfaat-kesehatan-ini-bisa-kamu-dapat-I8YeFJmxlz.jpg Jus rumput gandum miliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. (Foto: Boldsky)

PERNAHKAH minum jus rumput gandum atau wheatgrass? Asupan ini ternyata memiliki banyak nutrisi dan membuat tubuh berenergi. Jus rumput gandum paling baik dikonsumsi pada pagi hari ketika tubuh biasanya mengalami dehidrasi kemudian membutuhkan air setelah bangun tidur.

Jus rumbut gandum sendiri adalah salah satu minuman bernutrisi yang baik dikonsumsi ketika pagi hari. Jus ini bisa membantu mendetoksifikasi hati, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan lainnya karena mengandung banyak klorofil, vitamin esensial, serta mikronutrien.

Baca juga: Suka Minum Jus, Kenali 5 Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuhmu 

Lalu apa lagi manfaat kesehatan dari minum jus rumput gandum? Berikut ini di antaranya, seperti dilansir Indian Express.

Rumput gandum. (Foto: Healthline)

1. Kaya antioksidan

Jus rumput gandum kaya akan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-infeksi. Antioksidan bekerja melawan radikal bebas dalam tubuh yang merusak sel, mempercepat penuaan, dan membantu regenerasi sel.

Meminum jus rumput gandum di pagi hari dapat meningkatkan aktivitas anti-inflamasi di tubuh, mengurangi peradangan kronis yang terkait penyakit seperti tumor, kanker, diabetes, dan lainnya. Selain itu, jus rumput gandum juga membantu melawan infeksi.

2. Menguatkan kekebalan tubuh

Jus ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan sangat efektif. Sebab rumput gandum mengandung protein, antioksidan, asam amino esensial, dan serat yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti radang sendi, sistem pencernaan, masalah kulit dan rambut, dan infeksi virus yang sedang berlangsung.

Baca juga: Ketahui Manfaat dan Cara Membuat Jus Seledri di Rumah 

3. Menjaga sistem pencernaan

Rumput gandum yang dipetik sebelum matang kaya akan mikronutrien dan serat yang terbukti berguna untuk menjaga sistem pencernaan dan mengurangi risiko penyakit. Rumput gandum juga merupakan minuman bebas gluten.

4. Menjaga kebugaran

Kaya akan klorofil (sumber hemoglobin terbaik), 17 jenis asam amino, mikronutrien padat, fitokimia, dan vitamin A, C, E, K, dan B6, jus rumput gandum adalah minuman berkhasiat yang bertindak sebagai sumber protein baik, menjaga kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah sekaligus meningkatkan energi dalam tubuh.

Sebanyak 250 ml jus rumput gandum memiliki nutrisi setara dengan 2,5 kg sayuran hijau. Minum rumput gandum setiap hari dapat membantu dalam nutrisi, kesehatan, kebugaran, dan manajemen kebugaran.

Baca juga: Khasiat Jus Kentang untuk Perawatan Kulit, Apa Saja? 

Rumput gandum. (Foto: Boldsky)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini