Sering Mual di Pagi Hari? 5 Obat Rumahan Ini Bisa Jadi Peredanya

Iman Firmansyah, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 481 2327095 sering-mual-di-pagi-hari-5-obat-rumahan-ini-bisa-jadi-peredanya-n1vjlK4mVr.jpg Ilustrasi mual. (Foto: Medical News Today)

MUAL bisa dialami banyak orang. Kondisi ini sering muncul pada pagi hari atau ketika badan sedang tidak sehat. Mual juga bisa dirasakan ketika dalam perjalanan.

Sementara bagi wanita hamil, mual merupakan salah satu kondisi yang sering dikeluhkan. Mual memberikan kesan yang tidak enak, khususnya di perut, dan membuat merasa ingin muntah.

Baca juga: Bahaya yang Mengintaimu, Jika Kamu Konsumsi Nanas Terlalu Banyak 

Selain kondisi-kondisi tersebut, mual biasanya disebabkan keracunan makanan, efek samping obat-obatan, atau minum alkohol secara berlebihan. Mual juga sering disertai beberapa keluhan lainnya seperti pusing, pingsan, sakit perut, diare, mulut kering, hingga demam.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan mual, sehingga membuat jadi merasa nyaman lagi.

Apa saja bahan-bahan yang bisa Anda temukan di rumah untuk membantu mengatasi mual? Berikut ini pemaparannya, seperti dirangkum dari laman Boldsky, Senin (14/12/2020).

Ilustrasi mual

1. Jahe

Jahe adalah bahan yang mudah ditemukan di rumah dan banyak digunakan untuk mengatasi mual. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jahe sangat efektif untuk mengobati mual yang disebabkan kehamilan atau kemoterapi.

2. Kayu manis

Sebuah penelitian menemukan bahwa kayu manis bermanfaat meredakan mual yang disebabkan nyeri haid. Anda bisa menambahkan batang kayu manis ke dalam segelas air lalu simpanlah semalaman. Anda dapat meminumnya ketika merasa mual.

Baca juga: Tips Ampuh Cegah Mual saat Berkendara Jarak Jauh 

3. Peppermint

Peppermint ternyata dapat menenangkan dan mematikan rasa pada perut sehingga membantu melemaskan otot-otot perut. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa aromaterapi dari peppermint dapat digunakan untuk mengobati mual pada wanita usai melahirkan.

4. Lemon

Lemon kaya akan kandungan asam sitrat dan dikenal dapat membantu menenangkan perut ketika merasa mual. Jika mual terjadi karena sembelit, Anda bisa minum air hangat dengan jus lemon karena dapat membantu merangsang pergerakan usus.

5. Air tawar

Minum air tawar secara teratur setiap hari diyakini dapat membuat Anda merasa lebih baik saat merasa tidak nyaman karena mual hingga ingin muntah.

Baca juga: Penelitian Ungkap Sakit Mata Jadi Gejala Baru Covid-19 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini