5 Manfaat Rajin Minum Air Madu, Bisa Sembuhkan Sembelit Lho

Iman Firmansyah, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 09:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 481 2327114 5-manfaat-rajin-minum-air-madu-bisa-sembuhkan-sembelit-lho-6ZQqQIyyM3.jpg Air madu. (Foto: Unsplash)

MADU selama ini dikenal sebagai salah satu asupan yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi madu, sistem kekebalan tubuh juga bakal meningkat. Hal tersebut tentu sangat dibutuhkan di masa pandemi covid-19 ini.

Salah satu yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat dari madu adalah dengan rutin minum air madu. Satu gelas penuh air hangat yang dicampur madu dan diminum ketika pagi hari atau sebelum tidur diyakinin dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menjaga kesehatan.

Baca juga: Madu Bisa Bikin Kulit Wajah Makin Cerah, Ikuti 3 Cara Ini 

Sementara itu ada beberapa manfaat kesehatan jika Anda rutin minum air madu, di antaranya bisa membantu mengobati beberapa penyakit ringan hingga merawat kulit.

Air madu ini bermanfaat bagi kesehatan karena air dapat mendetoksifikasi tubuh, membuat Anda tetap terhidrasi. Lalu perlu diketahui bahwa air hangat bekerja efektif menghilangkan endapan berbahaya sehingga membuat tubuh bugar serta bisa tetap beraktivitas.

Selain itu, minum air madu juga sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang menerapkan program penurunan berat badan. Masih banyak manfaat minum air madu. Apa saja? Berikut di antaranya, seperti dilansir laman Boldsky.

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Segelas air hangat yang dicampur madu dapat membantu proses pencernaan yang lebih sehat karena madu mengandung bahan antiseptik yang dapat meredakan lambung Anda dari refluks asam.

2. Membantu penurunan berat badan

Madu mengandung gula alami, itu sangat menyehatkan dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Minum madu dengan air hangat secara teratur juga dapat membantu menghilangkan lemak perut dengan mudah.

Baca juga: Selain Delirium, Ini Gejala Baru Covid-19 yang Wajib Diwaspadai

3. Sembuhkan sembelit

Sembelit terjadi karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh Anda. Guna menyiasatinya, minumlah segelas air hangat dengan madu secara teratur di pagi hari saat perut kosong dan sebelum tidur.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Ini merupakan manfaat terbesar jika Anda teratur minum air hangat dengan madu. Ternyata air madu dapat membakar simpanan lemak dalam tubuh dan juga sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membuang racun dari tubuh.

5. Meningkatkan sistem kekebalan

Madu mengandung khasiat yang dapat membunuh bakteri dan juga membantu melawan partikel asing. Selain itu, adanya kandungan beberapa vitamin dan mineral dalam madu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Lalu kandungan zat antioksidan dalam madu dapat mengendalikan pertumbuhan radikal bebas.

Baca juga: Madu dan Cuka Sari Apel Bantu Atasi Sakit Vertigo 

Madu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini