Share

Tulang Punggung Deddy Corbuzier Rusak, Yuk Ketahui Faktor Risiko Penyebabnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 481 2327281 tulang-punggung-deddy-corbuzier-rusak-yuk-ketahui-faktor-risiko-penyebabnya-4MffBj4cBR.jpg Ilustrasi tulang punggung sakit. (Foto: Shutterstock)

HERNIA Nucleus Pulposus atau biasanya disebut dengan HNP menjadi penyakit yang pernah membuat artis bertubuh kekar Deddy Corbuzier duduk di kursi roda selama empat bulan. HNP mengacu pada masalah dengan salah satu bantalan karet (disk) yang berada di antara tulang individu (vertebra).

Deddy Corbuzier yang sebelumnya pernah mengalami kecelakaan mobil membuatnya harus mengalami rasa sakit hingga 10 tahun lamanya. Ia mengaku tulang punggungnya rusak parah dan berada dalam taraf yang mengkhawatirkan. Hal ini diketahuinya setelah ayah satu anak tersebut mendapat kesempatan langka.

Baca juga: Tulang Punggung Rusak Parah, Ini Alasan Deddy Corbuzier Masih Mampu Berdiri 

Deddy diajak memeriksakan kondisinya ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) dengan seorang mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono. Setelah diperiksa kondisi kesehatannya, Deddy sukses membuat dokter terkejut. Dokter dari RSPAD mengungkapkan rupanya otot punggung Deddy sangat berpengaruh menopangnya berdiri.

Deddy Corbuzier. (Foto: Okezone)

HNP mengacu pada masalah dengan salah satu bantalan karet (disk) yang berada di antara tulang individu (vertebra). Bantalan tersebut menumpuk untuk membentuk tulang belakang manusia. HNP terjadi ketika beberapa inti bantalan karet mendorong keluar melalui robekan pada anulus.

Melansir dari Mayo Clinic, Senin (14/12/2020), tentunya seseorang memiliki faktor risiko terserang bantalan karet tulang belakang ini. Berikut faktor-faktor risiko yang dapat meningkatkan Hernia Nucleus Pulposus (HNP).

Baca juga: Kenali Gejala HNP, Penyakit yang Bikin Deddy Corbuzier 4 Bulan di Kursi Roda 

1. Berat badan

Berat badan berlebih menyebabkan tekanan ekstra pada cakram di punggung bawah Anda. Ini bisa menyebabkan bebab berlebih dan menimbulkan HNP.

2. Pekerjaan

Orang dengan pekerjaan yang menuntut fisik memiliki risiko lebih besar mengalami masalah punggung. Mengangkat, menarik, mendorong, menekuk ke samping, dan memutar berulang-ulang juga dapat meningkatkan risiko HNP.

3. Genetika

Beberapa orang mewarisi kecenderungan mengembangkan disk hernia. Ini bisa cenderung menyebabkan risiko terkena HNP.

4. Merokok

Merokok diperkirakan mengurangi suplai oksigen ke bantalan karet pada tulang. Ini dapat menyebabkan tulang lebih cepat rusak hingga akhirnya terjadi HNP.

Baca juga: 7 Makanan Terbaik untuk Tulang, Apa Saja? 

Tulang punggung Deddy Corbuzier ketika rusak parah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini