Ibu Hamil Diminta Tak Takut ke Fasilitas Kesehatan untuk Periksa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 481 2327366 ibu-hamil-diminta-tak-takut-ke-fasilitas-kesehatan-untuk-periksa-ubbDmpR1Cg.jpg Ibu hamil (Foto: Hindustan Times)

Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, membuat sejumlah ibu hamil menjadi khawatir saat mengunjungi pusat kesehatan atau rumah sakit. Alhasil banyak orang memilih untuk berdiam di rumah saja agar terhindar dari infeksi penyakit.

Ketua ILUNI FKUI 96 dan Ketua Umum Panitia Pelaksana Dies Natalis FKUI 2021, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), MPH mengatakan, ibu hamil sebaiknya tidak perlu takut untuk mengunjungi fasilitas kesehatan akibat Covid-19.

 ibu hamil

“Bukti sampai saat ini menunjukkan wanita hamil tidak lebih rentan untuk tertular infeksi daripada populasi umum. Tidak ada bukti saat ini bahwa Covid-19 teratogenik,” terang Prof. Iko, dalam Virtual Press Conference tentang Hamil, bersalin, kontrasepsi, serta Bugar selama pandemi Covid-19, Senin (14/12/2020).

Lebih lanjut Prof. Iko mengatakan, bukti terbaru yang menunjukkan kemungkinan virus dapat ditularkan secara vertikal belum dapat ditentukan. Meski demikian, prosedur preventif juga wajib diterapkan untuk mencegah risiko penularan virus.

“Pelayanan antenatal dan postnatal adalah pelayanan esensial bagi ibu hamil. Ibu hamil harus tetap dimotivasi untuk tetap memantau kehamilannya selama pandemi Covid-19 dengan tetap memerhatikan social distancing,” tambahnya.

Baca juga: Yuk Rajin Cuci Tangan, 6 Penyakit Ini Bisa Dicegah Lho

Selain itu, ia menambahkan bahwa setiap kunjungan yang dilakukan harus menghubungi unit kandungan dan kebidanan terlebih dahulu untuk jadwal dan saran.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini