Bunda, Ini Lho Cara Rawat Kulit Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

Antara, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 481 2327453 bunda-ini-lho-cara-rawat-kulit-selama-hamil-dan-setelah-melahirkan-XrAW9idzoH.jpg Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Unsplash)

PARA ibu selama hamil dan usai melahirkan memiliki masalah pada tubuhnya. Salah satunya adalah masalah di bagian kulit, seperti jerawat, flek hitam, hingga masalah yang sudah ada sebelum hamil yakni eczema dan bisa kambuh atau lebih parah serta berlanjut setelah melahirkan.

Masalah kulit pada ibu hamil tersebut akibat adanya perubahan hormon. Maka itu, harus dilakukan perawatan dan melakukan langkah kesehatan lainnya.

Baca juga: Ibu Hamil Diminta Tak Takut ke Fasilitas Kesehatan untuk Periksa 

"Selama hamil kenali masalah kulit, lakukan perawatan kulit tepat dan teratur, hindari stres karena bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif (menyebabkan radang internal sehingga kulit lebih mudah alergi, iritasi)," jelas dokter spesialis kulit Nana Novia Jayadi, seperti dikutip dari Antara, Senin (14/12/2020).

Dia mengatakan, secara umum yang perlu dilakukan antara lain membersihkan wajah dan mandi secara teratur dua kali sehari menggunakan sabun lembut dan tidak banyak menghasilkan busa.

Baca juga: 5 Makanan Ini Baik untuk Ibu Hamil, Calon Bayi pun Jadi Sehat 

Setelah mengeringkan kulit, gunakanlah pelembap, diikuti mengaplikasikan tabir surya dengan SPF 30 atau 50 karena ada pigmentasi (saat hamil) dan kondisinya bisa lebih parah dengan paparan sinar UV.

Terakhir, lakukan exfoliation atau pengelupasan kulit 1 hingga 2 minggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati tanpa membuat kulit trauma.

Khusus untuk pemilihan produk perawatan kulit, dr Nana menyarankan para ibu hamil dan menyusui menghindari produk dengan kandungan isotretinoin dan tretinoin yakni turunan vitamin A yang bisa digunakan dalam pengobatan jerawat, Benzoil peroxide yang juga digunakan dalam pengobatan jerawat.

Baca juga: Ibu Hamil Ingin Tetap Berolahraga? Perhatikan 4 Hal Ini 

"Sebenarnya kandungan dalam skincare itu sangat kecil yang bisa diserap dalam sirkulasi sehingga mencapai janin. Namun, ada beberapa kandungan yang memang menurut penelitian kadarnya cukup tinggi dan bisa diserap sampai ke dalam sirkulasi, di antaranya dalam pengobatan jerawat Isotretinoin dan Tretinoin serta Benzoil peroxide," terangnya.

Kandungan lainnya yakni paraben atau pengawet dalam produk kosmetik untuk mencegah pembentukan bakteri atau jamur serta hydroquinone yang terdapat pada produk pencerah wajah atau pemutih kulit dan penghilang bekas luka.

Baca juga: Ingin Kulit Selalu Sehat? Rajin Konsumsi 4 Vitamin Ini Ya 

Ilustrasi ibu hamil

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini