Cek Fakta, Hand Sanitizer Efektif Bersihkan Tangan Kotor Usai Makan?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 481 2327455 cek-fakta-hand-sanitizer-efektif-bersihkan-tangan-kotor-usai-makan-K2cfhBHZZ1.jpg Pakai hand sanitizer (Foto: Forbes)

Masyarakat sekarang sepertinya banyak mengganti sabun dengan hand sanitizer. Benda yang satu itu dianggap lebih simple dan tidak repot dalam membersihkan tangan dari kuman penyakit.

Tapi, menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah hand sanitizer bisa digunakan untuk membersihkan tangan kotor setelah makan?

 cuci tangan

Dengan kata lain, Anda tak membutuhkan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah makan?

Diterangkan Epidemiolog Adelphi University's College of Nursing and Public Health, KC Rondello, hand sanitizer sama sekali tidak memberi efek yang maksimal jika Anda gunakan saat tangan kotor karena adanya tanah atau makanan.

"Jika tangan Anda kotor atau berminyak, hand sanitizer tidak cukup efektif menjalankan tugasnya sebagai pembersih. Jadi, Anda merasa sudah terlindungi dari kuman, padahal kenyataannya tidak," tegasnya, dikutip HuffPost.

Pilihan untuk mencuci tangan yang kotor dengan air mengalir dan sabun adalah sesuatu yang paling tepat. Dengan kata lain, Anda tidak bisa menggantikan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kotoran yang terlihat.

"Kalau mau pakai hand sanitizer, pastikan Anda mencuci tangan yang kotor tersebut dengan air dan sabun terlebih dulu. Hand sanitizer yang Anda gunakan akan menyempurnakan proses pembersihan," tambahnya.

Rondello menegaskan, hand sanitizer adalah pembersih tangan alternatif yang baik ketika Anda berada dalam situasi tak menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan atau tangan Anda tidak terlihat kotor. Sekali lagi, Anda tak bisa menggantikan air dan sabun untuk membersihkan tangan yang kotor dengan hand sanitizer.

"Ingat, hand sanitizer bukan pengganti sabun dan air yang merupakan cara terbaik dan paling efisien membersihkan tangan yang kotor," ungkap Rondello.

 Baca juga: Yuk Rajin Cuci Tangan, 6 Penyakit Ini Bisa Dicegah Lho

Oleh karena itu, jika di depan Anda ada wastafel dengan air yang cukup dan tersedia sabun, maka pilihlah fasilitas tersebut untuk cuci tangan, jangan memutuskan malas bergerak dan hanya mengandalkan hand sanitizer.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini