4 Kelebihan Jadi Orang yang Suka Bangun Pagi

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 481 2327479 4-kelebihan-jadi-orang-yang-suka-bangun-pagi-m0kq35z7sF.jpg Bangun pagi (Foto: Freepik)

Morning person adalah sebutan untuk orang-orang yang suka bangun pagi. Hal ini sudah menjadi lumrah di Indonesia mengingat jam masuk sekolah dan kantor saja antara pukul 7-8.

Walaupun berat untuk bangun pagi pukul 04.30, tapi keterpaksaan ini bisa membuat kita terbiasa dengannya.

Pakar Biologi Christoph Randler mengatakan, morning person cenderung mendapatkan nilai yang baik di sekolah. "Mereka biasanya masuk ke universitas yang lebih baik dan mudah mendapat pekerjaan."

Lebih mengejutkannya lagi, ada banyak manfaat yang didapatkan seorang morning person dalam menjalani kesehariannya menurut penelitian-penelitian yang dilaporkan Insider berikut ini.

merasa bahagia 

1. Lebih bahagia

Morning person akan berhubungan dengan memiliki kebahagiaan yang lebih. Sinar matahari pagi akan memengaruhi mood baiknya. Ini merupakan bagian dari lebih siap saat masuk kantor atau sekolah.

2. Memiliki berat badan yang lebih ringan

Menurut hasil analisis jurnal 'Nature Communiccations', orang yang bangun pagi dikaitkan dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang rendah. Di penilitian lain, ini juga berkaitan dengan paparan sinar matahari pagi yang didapatnya.

3. Memiliki kualitas tidur yang baik

Penelitian dilakukan oleh perusahaan 23andMe yang menemukan hanya sekitar 20% morning person yang menderita insomnia.

 Baca juga: Yuk Rajin Cuci Tangan, 6 Penyakit Ini Bisa Dicegah Lho

4. Rendah risiko diabetes dan sindrom metabolik

Sebuah penelitian terhadap orang Korea paruh baya yang bangun siang menunjukkan lebih mungkin menderita sindrom metabolik daripada yang bangun pagi. Ini juga meningkatkan peluang untuk berkembangnya penyakit jantung.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini