Ciptakan Generasi Sehat, Program GESID Sasar Remaja

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 481 2327638 ciptakan-generasi-sehat-program-gesid-sasar-remaja-YyCFQ2dQdf.jpg Remaja aktif berolahraga (Foto : Timesofindia)

GESID merupakan singkatan dari Generasi Sehat Indonesia, yakni sebuah program yang berfokus pada program edukasi gizi dan kesehatan bagi remaja hasil kerjasama dari Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB dengan Danone Indonesia.

Program ini bertujuan untuk mengedukasi para remaja mengenai kesehatan. Seperti diketahui, para remaja merupakan generasi yang akan membangun negara di masa depan. Jika remaja sehat, membangun negeri pun akan lebih mudah.

GESID memiliki perbedaan dibanding program lainnya. Jika biasanya suatu program menggunakan mentor, kali ini pihak pengelola akan memilih beberapa remaja untuk menjadi duta GESID.

Diet Sehat

Hal ini dilakukan karena biasanya para remaja lebih mendengarkan teman sebayanya, dibanding orangtua ataupun guru di sekolah. Sehingga dengan adanya Duta GESID ini dapat membuat para remaja saling mengingatkan akan pentingnya kesehatan.

"Biasanya anak remaja lebih suka mendengarkan teman sebaya dibanding orangtua atau guru. Makanya program ini kita buat edukasi peer to peer supaya materi lebih mudah dipahami satu sama lain," tutur Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia pada Webinar GESID, Senin (14/12/2020).

Baca Juga : Studi Baru Ungkap Remaja Ikut Ekstrakurikuler Miliki Kesehatan Mental Lebih Baik

Program perbaikan gizi remaja ini meliputi peningkatan kapasitas, suplementasi TTD, edukasi dan penguatan manajemen terintegrasi stakeholder terkait. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, pemberian TTD dan edukasi gizi pada remaja tetap dilaksanakan dengan modifikasi atau penyesuaian pelayanan serta integrasi program.

Nantinya, pihak pengelola berharap agar para remaja bisa lebih aktif dan bertanggung jawab, tidak hanya dalam masalah kesehatan saja, tetapi juga lebih bertanggung jawab terhadap pernikahan dini serta kehamilan dini.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini