6 Manfaat Tertawa yang Jarang Diketahui

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 612 2327238 6-manfaat-tertawa-yang-jarang-diketahui-oORoIxqJgi.jpg Tertawa (Foto: Freepik)

Tertawa merupakan hal yang menyehatkan pikiran dan jiwa. Oleh karena itu sebaiknya kita sering tertawa.

Dilansir dari Very Well Mind, Psikolog Rachel Goldman menjelaskan, tertawa memiliki banyak manfaat. Tidak hanya menurunkan tingkat stres, tapi juga meningkatkan kebahagiaan, dan kekebalan tubuh. Lalu apa saja manfaat tertawa?

 stres

1. Mengurangi stres

Tertawa mengurangi tingkat hormon stres seperti kortisol, epinefrin (adrenalin), dopamine, dan pertumbuhan. Sementara hormon kebahagiaan seperti endorphin meningkat. Selain itu, dapat mengoptimalkan produksi antibody yang memperkuat kekebalan tubuh.

2. Sebagai physical release

Physical release adalah perasaan lega saat setelah melepaskan emosi. Inilah efek yang diberikan jika tertawa, bahkan menangis.

 

3. Baik bagi jantung

Tertawa ternyata bisa melatih diafragma, mengencangkan perut, melatih bahu, dan membuat otot lebih rileks. Bahkan memberikan latihan yang baik bagi jantung. Tidak heran beberapa olahraga menyelipkan tertawa di sebagian kegiatannya.

4. Distraksi yang baik

Distraksi atau gangguan biasanya merujuk ke sesuatu hal yang buruk. Tapi tidak dengan tertawa karena dapat menjauhkan fokus dari kemarahan, rasa bersalah, dan stres.

5. Membuat pandangan lebih positif

Menurut penelitian, humor dapat memberi pandangan lain dari sebuah peristiwa sebagai tantangan, sehingga membuatnya tidak terlalu mengancam.

Baca juga: Yuk Rajin Cuci Tangan, 6 Penyakit Ini Bisa Dicegah Lho

6. Menghubungkan manusia

Suara tertawa itu menular dan dapat menghubungkan manusia satu sama lain. Bisa jadi secara tidak sadar merasakan manfaat ini dan bisa mengurangi tingkat stres bersama-sama.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini