5 Tips Ampuh Buat Kopi Rumahan Selezat Coffee Shop Kekinian

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 298 2328001 5-tips-ampuh-buat-kopi-rumahan-selezat-coffee-shop-kekinian-g4l7j4YExh.jpg Ilustrasi kopi rumahan dengan gaya coffee shop. (Foto: Gadost0/Pixabay)

KOPI merupakan salah satu jenis minuman yang sangat digemari berbagai kalangan. Dalam perkembangannya, minuman bercitarasa pahit ini bahkan masuk kategori superfood, istilah yang digunakan untuk makanan dan minuman yang memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, demensia, dan masih banyak lagi.

Namun perlu diketahui bahwa membuat racikan kopi berkualitas tidaklah semudah yang dibayangkan. Terutama bagi para home brewer.

Baca juga: Pagi-Pagi Cocok Minum Kopi Moka ala Rumahan, Enak dan Mudah Buatnya 

Tapi tidak perlu khawatir, ada beberapa tips ampuh bagi Anda yang tertarik meracik kopi sendiri di rumah. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana Okezone rangkum dari laman Food and Wine, Selasa (14/12/2020).

1. Pilih biji kopi yang tepat

Memilih biji kopi yang tepat merupakah salah satu tips terpenting untuk membuat racikan kopi yang lezat dan nikmat. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa pedoman sederhana yang dapat membantu Anda memilih biji kopi berkualitas.

"Sebagai aturan umum, kopi dengan elevasi rendah menyuguhkan sensasi rasa earthy dan nutty yang sangat dominan. Sementara kopi dengan elevasi lebih tinggi cenderung memiliki tingkat keasaman dengan sensasi rasa fruity yang kuat," tutur Josey Markiewicz dari La Colombe Coffee Roasters.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa karakter rasa kopi juga dipengaruhi proses pengolahan biji kopi itu sendiri. Misalnya, biji kopi yang diproses dengan teknik pencucian natural, rasa fruity-nya cenderung lebih menonjol. Tidak hanya itu, kopi yang memiliki tekstur lebih gelap atau dipanggang dengan teknik dark roast, rasanya pun akan semakin lebih pekan.

Dengan demikian, Anda bisa menggunakan aturan ini untuk memilih jenis kopi yang sesuai dengan selera.

2. Giling sendiri biji kopi

Meski terdengar merepotkan, tips ini ternyata sangat ampuh untuk menghasilkan olahan kopi yang pas di lidah.

"Biji kopi yang sudah dipanggang mengandung minyak yang mudah menguap, dan akan terpapar ketika biji kopi digiling. Minyak tersebut bertanggung jawab atas aroma kopi dan rasanya. Oleh karena itu, menggiling biji kopi yang masih segar (baru dipanggang) adalah cara terbaik untuk menekan kadar minyak agar tidak mudah tengik atau menguap," tegas Josey.

Baca juga: Perayaan Tahun Baru Dilarang, Berwisata ke Bandung Wajib Sertakan Bukti Rapid Antigen

3. Beri tambahan bumbu

Lupakan creamer kemasan yang pada dasarnya hanya mengandung kalori dan gula kosong. Untuk mengeluarkan cita rasa kopi yang sesungguhnya, Anda bisa menambahkan beberapa 'bumbu pelengkap' seperti butter yang mengandung lemak murni (ghee).

"Cukup tambahkan satu sendok butter, maka Anda akan mendapatkan secangkir kopi hitam yang luar biasa," ungkap Josey.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa sendok susu murni yang mengandung asam lemak omega-3 untuk menjaga kesehatan jantung.

"Banyak orang yang masih takut untuk menambahkan susu murni ke dalam cangkir kopi mereka. Satu atau dua sendok makan susu murni sebetulnya sah-sah saja karena hanya mengandung 19 kalori dan kurang dari satu gram lemak jenuh," tambahnya.

4. Taruh biji kopi di tempat yang sejuk

Biji kopi yang sudah dipanggang atau dihaluskan, sebaiknya disimpan di dalam wadah kedap udara, sejuk, dan kering. Jika Anda menggunakan biji kopi yang belum dihaluskan, segera giling dan seduh kopi secepatnya. Pasalnya, kualitas kopi ini hanya mampu bertahan selama kurang lebih dua minggu.

5. Seduh dengan air berkualitas

Untuk membuat racikan kopi yang sempurna, dibutuhkan sekira 98 persen air mineral dengan kandungan hidrogen yang berkualitas. Menurut pengakuan Josey, air mineral yang berkualitas dapat mengeluarkan cita rasa kopi secara maksimal.

"Air juga mengandung sodium bicqrbonate dan magnesium yang dapat memaksimalkan cita rasa kopi. Anda bisa mengujinya dengan menyeduh kopi menggunakan dua jenis air yang berbeda. Rasanya akan berbeda tergantung kualitas air itu sendiri," tutup Josey.

Baca juga: 5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui 

Kopi moka. (Foto: Blended)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini