4 Manfaat Ginseng yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 298 2328145 4-manfaat-ginseng-yang-jarang-diketahui-apa-saja-djBjKKtaeV.jpg Manfaat ginseng (Foto: Allure)

Ginseng adalah salah satu tanaman herbal yang dipercaya dapat memulihkan dan meningkatkan kesehatan tubuh. Makanya gingseng banyak dijadikan obat.

Melansir dari Medical News Today, pada laporan yang sudah diulas oleh Dokter Yamini Ranchod, ginseng dapat meningkatkan energi, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan relaksasi, dan mengurangi diabetes.

Klaim zat ginsenosides pada ginseng bertanggung jawab atas efek klinisnya. Lantas apa saja manfaat yang diberikan untuk tubuh?

 ginseng

1. Meningkatkan energi

Menurut penelitian, ginseng dapat merangsang aktivitas fisik dan mental pada orang yang sedang menjalani pengobatan.

2. Meningkatkan fungsi kognitif

Penelitian yang diterbitkan The Cochrane Library mengatakan bahwa ginseng menunjukkan manfaat bagi kognisi, perilaku, dan kualitas hidup. Meski demikian, seorang professor di Colombia University, Richard Brown mengatakan, “Itu adalah ulasan yang sangat hati-hati, ginseng memang digunakan oleh banyak orang tapi tidak banyak penelitian modern yang cermat.”

Maka dari itu disarankan untuk mengecek kandungannya sebelum membeli segala macam produk herbal ini.

3. Memiliki efek anti-inflamasi

Berdasarkan penelitian Journal of Translational Medicine, zat ginsenosides pada ginseng sering digunakan untuk mengurangi peradangan.

Baca juga: Cara Cegah Tulang Punggung Rusak, Penyakit yang Diidap Deddy Corbuzier

4. Menurunkan gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat membantu menurunkan gula darah dan membantu mengobati diabetes. Zat ginsenosidesnya dapat memengaruhi produksi insulin di pankreas dan resistensi insulin menggunakan mekanisme lain.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini