Cara Cegah Tulang Punggung Rusak, Penyakit yang Diidap Deddy Corbuzier

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 481 2327822 cara-cegah-tulang-punggung-rusak-penyakit-yang-diidap-deddy-corbuzier-GOLUtNSogL.jpg Deddy Corbuzier pernah mengalami tulang punggung rusak yang membuatnya harus duduk di kursi roda selama empat bulan. (Foto: Instagram @rctiofficial)

ARTIS bertubuh kekar Deddy Corbuzier dilaporkan pernah mengalami tulang punggung rusak. Ini membutnya harus berada di kursi roda selama empat bulan lamanya. Penyakit tersebut diketahui bernama Hernia Nucleus Pulposus atau biasa disebut HNP.

Hernia Nucleus Pulposus (HNP) mengacu pada masalah dengan salah satu bantalan karet (disk) yang berada di antara tulang individu (vertebra). Bantalan tersebut menumpuk untuk membentuk tulang belakang manusia.

Baca juga: Kenali Gejala HNP, Penyakit yang Bikin Deddy Corbuzier 4 Bulan di Kursi Roda 

HNP terjadi ketika beberapa inti bantalan karet mendorong keluar melalui robekan pada anulus. HNP juga bisa menyebabkan komplikasi serius bagi para penderitanya. Demikian dikutip dari Mayo Clinic, Selasa (15/12/2020).

Tepat di atas pinggang, sumsum tulang belakang manusia berakhir. Ini berlanjut melalui kanal tulang belakang sekelompok akar saraf panjang yang menyerupai ekor kuda (cauda equina).

HNP jarang dapat menekan seluruh kanal tulang belakang, termasuk semua saraf cauda equina. Operasi darurat mungkin diperlukan untuk menghindari kelemahan atau kelumpuhan permanen.

Tulang punggung. (Foto: Shutterstock)

Oleh karena itu, disarankan mencari pertolongan medis darurat jika seseorang memiliki beberapa gejala-gejala berikut ini:

1. Nyeri

Nyeri, mati rasa, atau kelemahan dapat meningkat hingga mengganggu aktivitas harian.

2. Disfungsi kandung kemih atau usus

Sindrom kauda equina dapat menyebabkan inkontinensia atau kesulitan buang air kecil bahkan dengan kandung kemih penuh.

3. Anestesi pelana

Hilangnya sensasi yang progresif ini memengaruhi area yang akan menyentuh pelana atau paha bagian dalam, punggung kaki, dan area di sekitar rektum.

Baca juga: Tulang Punggung Deddy Corbuzier Rusak, Yuk Ketahui Faktor Risiko Penyebabnya 

Selain itu, ada pula beberapa pencegahan yang bisa dilakukan supaya seseorang terhindar dari HNP. Di antaranya adalah:

1. Olahraga

Memperkuat otot batang menstabilkan dan menopang tulang belakang.

2. Pertahankan postur yang baik

Ini mengurangi tekanan pada tulang belakang dan cakram. Jagalah agar punggung lurus dan sejajar, terutama saat duduk dalam waktu lama. Angkat benda berat dengan benar, buat kaki dan bukan punggung untuk melakukan sebagian besar pekerjaan.

3. Pertahankan berat badan yang sehat

Berat badan berlebih memberi lebih banyak tekanan pada tulang belakang dan cakram, membuatnya lebih rentan terhadap HNP.

4. Berhenti merokok

Hindari penggunaan produk tembakau apa pun.

Baca juga: Tulang Punggung Rusak Parah, Ini Alasan Deddy Corbuzier Masih Mampu Berdiri 

Tulang punggung Deddy Corbuzier ketika rusak parah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini