Habib Rizieq Puasa Setiap Hari di Penjara, Ini 8 Manfaat Kesehatannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 481 2327898 habib-rizieq-puasa-setiap-hari-di-penjara-ini-8-manfaat-kesehatannya-GeKgLt3mg3.jpg Habib Rizieq (Foto : Okezone/Arif Julianto)

Surat tulisan tangan Habib Rizieq untuk keluarga di rumah viral. Surat Habib Rizieq tersebut berisi permintaan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) agar pihak keluarga memberikan makan setiap hari menjelang berbuka puasa.

Ya, Habib Rizieq menyatakan bahwa selama di tahanan dirinya akan puasa setiap hari dan karena itu ia meminta pihak keluarga menghantarkan makanan sebagai menu berbuka puasanya. Lalu, untuk sahurnya ia cukup makan kurma.

"Setiap hari Insya Allah SWT Aba akan puasa, sehingga kirim makanan ke Aba cukup sekali saja menjelang buka puasa. Sedang untuk sahur, cukup kurma dan camilan saja," tulisnya.

Keputusan yang diambil Habib Rizieq untuk berpuasa setiap hari ternyata mempunya manfaat yang baik untuk kesehatan. Diterangkan Ahli Gizi berbasis di New York, Rachael Link, MS, RD, di laman Health Line, ini 8 manfaat puasa yang bisa Anda rasakan. Apa saja?

1. Mengurangi resistensi insulin

Cek Gula

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kendali gula darah yang sangat berguna bagi pasien diabetes. Hasil penelitiannya menunjukkan, 1 dari 10 pasien diabetes tipe 2 yang berpuasa menunjukkan penurunan kadar gula darah.

2. Meningkatkan kebugaran tubuh

Saat peradangan kronis terjadi, maka dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa ketika tubuh sudah mengalami peradangan, ini meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan rheumatoid arthritis.

"Dengan berpuasa peneliti meyakini dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kebugaran tubuh. Studi yang dilakukan pada 50 orang dewasa yang berpuasa selama satu bulan full menurunkan tingkat penanda peradangan," terang Link.

Baca Juga : Habib Rizieq Sahur Makan Kurma di Penjara, Ini Manfaatnya Kata Ahli Gizi

3. Menyehatkan jantung

Penyakit jantung dianggap sebagai penyakit utama kematian di seluruh dunia. Mengubah pola makan dan gaya hidup adalah salah satu kunci mengurangi risiko penyakit mematian ini.

Beberapa penelitian menemukan bahwa menjalankan puasa setiap hari sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Ya, studi kecil mengungkapkan bahwa melakukan puasa selama 8 minggu mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida darah masing-masing 25 persen dan 32 persen.

4. Meningkatkan fungsi otak

Studi pada tikus pernah dilakukan untuk membuktikan manfaat yang satu ini. Jadi, tikus penelitian dipaksa puasa 11 bulan dan ternyata hasil studi menunjukkan terjadinya peningkatan fungsi otak dan struktur otak.

Studi pada hewan lain pun pernah dilakukan. Hasilnya ialah puasa dapat melindungi kesehatan otak dan meningkatkan pembentukan sel saraf untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif.

5. Mengurangi berat badan

Timbang

"Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme dengan menaikkan kadar neurotransmitter norepinefrin yang dapat mempercepat penurunan berat badan," papar Link.

Studi lain menunjukkan juga bahwa puasa sepanjang hari dapat mengurangi berat badan hingga 9 persen dan secara signifikan mengurangi lemak tubuh selama 12-24 minggu.

6. Meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan

Hormon pertumbuhan manusia (HGH) adalah sejenis hormon protein yang penting dalam masa pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuatan otot.

Nah, beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kadar HGH. Studi dilakukan pada 11 orang dewasa yang sehat dan melakukan puasa selama 24 jam secara signifikan meningkatkan kadar HGH.

7. Menunda penuaan

Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan hasil yang menjanjikan pada potensi efek memperpanjang umur dari berpuasa. Dalam penelitian pada tikus misalnya, berpuasa setiap dua hari sekali memperlambat penuaan dan hidup 83 persen lebih lama dibandingkan tikus lain yang tidak berpuasa.

8. Mencegah kanker

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat memberi manfaat untuk proses pengibatan dan mencegah kanker. Studi pada tikus memperlihatkan hasil yaitu berpuasa bergantian hari membantu memblokir pembentukan tumor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini