8 Tips Berhenti Merokok, Salah Satunya Jalani Saja Dulu!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 481 2328150 8-tips-berhenti-merokok-salah-satunya-jalani-saja-dulu-QT44SdMEyJ.jpg Mari berhenti merokok (Foto: The Classy Woman)

Sebagian besar masyarakat Indonesia adalah perokok aktif. Merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi diri sendiri dan orang lain.

Bahkan Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Departemen Pulmonologi, Dr. dr. Agus Dwi Susanto Sp.P(K), FISR, FAPSR, mengatakan, penyakit komorbid yang dialami oleh sebagian besar perokok akan membuat seseorang berisiko tinggi terinfeksi virus corona Covid-19.

Oleh karena itu sebaiknya masyarakat mulai menghentikan kebiasaan merokok ini. Sejatinya merokok bisa dihentikan asal ada keinginan yang kuat.

Merangkum dari Addictions and Recovery, Selasa (15/12/2020), berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok.

 berhenti merokok

1. Buat keputusan untuk berhenti

Identifikasi alasan Anda berhenti merokok. Buat keputusan yang jelas untuk berhenti merokok. Jika Anda pernah mencoba berhenti merokok sebelumnya dan gagal, jangan biarkan hal itu menjadi penghalang.

Semakin banyak Anda mencoba untuk berhenti, semakin besar peluang Anda untuk sukses. Mungkin Anda belum siap terakhir kali. Mungkin Anda tidak mengambil langkah yang tepat.

2. Sadari merokok bukan hanya kecanduan fisik

Merokok lebih dari sekedar kecanduan fisik terhadap nikotin. Ini juga merupakan kecanduan psikologis. Kebanyakan orang merokok karena alasan yang sama seperti pecandu alkohol.

Ini adalah kesempatan untuk melarikan diri, bersantai, atau menghargai diri sendiri. Antisipasi situasi kambuh kecanduan Anda, maka rencanakan cara menghadapinya dengan lebih baik.

3. Sediakan makanan pengganti

Setiap perokok paham bahwa merokok juga merupakan kecanduan oral. Ketika Anda berhenti merokok, otak Anda masih akan mendambakan sensasi oral dari sebatang rokok. Sebagai bagian dari rencana berhenti merokok, sediakan makanan pengganti oral seperti permen karet, sayuran mentah, wortel, permen keras, pengaduk kopi, sedotan, dll.

4. Pilih tanggal berhenti

Tanggal berhenti adalah komitmen pribadi. Ini penting karena itu mempersiapkan pikiran Anda secara tidak sadar. Pilih tanggal dalam sebulan berikutnya. Tidak harus hari yang spesial.

Hindari hari ketika Anda tahu Anda akan sibuk, tegang, atau memiliki acara khusus yang bisa menjadi pemicunya. Tuliskan tanggal berhenti Anda di suatu tempat, dan lihatlah setiap hari. Biarkan tekat Anda terbangun saat Anda semakin dekat.

5. Biarkan orang tahu

Berhenti lebih mudah dengan dukungan orang lain dan orang terdekat. Pilih orang yang menurut Anda akan membantu. Beri tahu mereka rencana Anda dan bagaimana mereka dapat membantu. Entah itu dari teman maupun dari keluarga.

6. Hapus semua pengingat tentang rokok

Merokok seperti kecanduan apa pun dipicu oleh orang, tempat, dan benda. Untuk kecanduan lainnya, benda yang menjadi pemicunya biasanya rokok, korek api, dan asbak. Singkirkan semuanya. Jangan menyimpan apa pun.

7. Sadari dua minggu pertama jadi momen menentukan

Anda perlu menyadari, dua minggu pertama sangat penting untuk kesuksesan Anda. Jika Anda bisa mendapatkan dua minggu pertama, peluang Anda untuk sukses jauh lebih tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memberi diri Anda kesempatan terbaik selama minggu-minggu kritis ini.

Dua minggu pertama adalah tentang gangguan, tetap sibuk, dan bersikap baik pada diri sendiri. Tetap sibuk dengan aktivitas menyenangkan, stres rendah dan hindari aktivitas stres tinggi.

 Baca juga: Cara Cegah Tulang Punggung Rusak, Penyakit yang Diidap Deddy Corbuzier

8. Jalani saja dulu

Berhenti merokok satu per satu. Jangan berpikir untuk berhenti selamanya. Itu bisa sangat melelahkan. Jalani saja dulu, tak usah banyak dipikirkan. Selain itu sering berpikir positif dan jangan stres.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini