5 Dampak Buruk Kebanyakan Olahraga, Jangan Sampai Terjadi Ya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 22:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 481 2328346 5-dampak-buruk-kebanyakan-olahraga-jangan-sampai-terjadi-ya-h42DtAKyio.jpg Ilustrasi olahraga. (Foto: Ryan McGuire/Pixabay)

MELATIH tubuh dengan olahraga setiap hari selama 30 hingga 40 menit dapat meningkatkan kesehatan. Kemudian risiko sakit akan berkurang, bisa mempertahankan berat badan ideal, kemungkinan terkena penyakit kronis menjadi kecil, dan dapat menikmati hidup sehat.

Tetapi memaksakan diri terlalu keras atau terlalu banyak olahraga ternyata juga tidak baik. Berpikir bahwa itu dapat memberikan lebih banyak manfaat, namun sebenarnya bisa menjadi bumerang.

Baca juga: 10 Olahraga 10 Menit yang Buat Anda Mudah Tidur 

Olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai gejala fisik dan psikologis. Berikut lima efek samping dari kebanyakan olahraga, seperti dikutip dari Times of India.

1. Kelelahan

Olahraga secara berlebihan tidak hanya menurunkan performa, tetapi juga dapat membuat Anda merasa lelah sepanjang waktu. Bahkan jika tidur nyenyak selama 7 hingga 8 jam di malam hari dan memiliki sarapan yang sehat, Anda akan tetap merasa lelah.

Perlu dipahami keterbatasan Anda dan memberikan waktu yang cukup untuk tubuh di antara sesi istirahat. Terlalu banyak olahraga akan memaksa tubuh melepaskan hormon stres yang lama-kelamaan bisa membuat merasa lelah.

2. Kinerja akan menurun

Saat Anda terlalu keras olahraga, otot menjadi tegang. Ini secara bertahap menurunkan tingkat kinerja Anda di lapangan. Jika sebelumnya Anda dapat menempuh 1 kilometer dalam 5 menit, latihan berlebihan dapat menambah batas waktu. Ini mungkin membuat Anda sedikit frustrasi, tetapi satu-satunya solusi adalah memberi tubuh istirahat di antara sesi latihan.

Baca juga: Ini Olahraga Outdoor yang Aman Dijalani Selama Pandemi 

3. Meningkatkan risiko cedera

Jika Anda adalah seseorang yang tidak terbiasa dengan olahraga intens, maka jangan memaksakannya. Dengan bersikap terlalu keras pada diri sendiri, Anda akan meningkatkan kemungkinan cedera.

Nyeri otot, ketegangan sendi, dan nyeri punggung adalah beberapa cedera olahraga umum yang mungkin membuat Anda harus beristirahat selama beberapa minggu.

4. Insomnia

Berolahraga dalam jumlah sedang membantu merilekskan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur. Tetapi memompa terlalu banyak zat besi di gym dapat membuat Anda gelisah di tempat tidur pada malam hari. Otot akan stres, dan Anda mungkin merasa sulit tidur.

5. Kesehatan mental terganggu

Olahraga meningkatkan suasana hati Anda yang memicu pelepasan dopamin atau hormon bahagia. Tapi berolahraga berlebihan justru akan menimbulkan efek sebaliknya. Ini meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang parah, stres kronis, cemas, depresi klinis, dan gangguan kesehatan mental lainnya.

Baca juga: Rajin Push Up, 6 Manfaat Kesehatan Ini Akan Didapat 

Olahraga. (Foto: Jcomp/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini