Beautypedia, Tips Atasi Jerawat dengan Pengobatan Rumahan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 611 2327951 beautypedia-tips-atasi-jerawat-dengan-pengobatan-rumahan-I0PR3Zi538.jpg Jerawat ganggu penampilan (Foto : Sheknows)

Munculnya jerawat kadang bisa jadi momen yang menyebalkan. Terlebih jika Anda ingin mengadakan sesi foto, pasti keberadaan jerawat itu bisa cukup mengganggu.

Meski demikian, sebenarnya jerawat merupakan hal yang normal kok. Umumnya, jerawat juga tidak menyebabkan komplikasi, walaupun pada beberapa kasus bisa menimbulkan komplikasi. Akan tetapi, kemungkinannya sangat kecil.

Karena keberadaannya yang tidak disukai banyak orang, memangnya apa sih jerawat itu? Melansir Medical News Today, jerawat adalah kondisi peradangan kulit kronis yang menyebabkan bintik-bintik dan jerawat, terutama di wajah, bahu, punggung, leher, dada, dan lengan atas.

Jerawat

Komedo putih, komedo, jerawat, kista, dan nodul adalah semua jenis jerawat. Di Amerika Serikat, terdapat 50 juta orang yang mengalami jerawat setiap tahunnya.

Ini biasanya terjadi selama masa pubertas, ketika kelenjar sebaceous aktif, tetapi bisa terjadi pada usia berapa pun. Tidak berbahaya, tapi bisa meninggalkan bekas luka di kulit.

Baca Juga : Atasi Masalah Jerawat dengan Teh Hijau, Ini Caranya

Kelenjar tersebut menghasilkan minyak dan dirangsang oleh hormon pria yang diproduksi oleh kelenjar adrenal baik pada pria maupun wanita. Setidaknya, 85 persen orang di AS mengalami jerawat antara usia 12 dan 24 tahun.

Meski keberadaannya menyebalkan, Anda tidak perlu khawatir, karena jerawat bisa diobati dengan pengobatan rumahan. Berikut tips atasi jerawat :

Diet

Para ilmuwan telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dan E serta seng yang baik mungkin memiliki risiko lebih rendah untuk berjerawat parah. Satu ulasan menggambarkan hubungan antara jerawat dan diet sebagai "kontroversial," tetapi menyarankan bahwa diet dengan beban glikemik rendah dapat membantu.

Minyak pohon teh

Hasil penelitian terhadap 60 pasien yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology menunjukkan bahwa minyak pohon teh 5 persen dapat membantu mengobati jerawat ringan hingga sedang.

Teh

Teh Hijau

Ada beberapa bukti bahwa polifenol dari teh, termasuk teh hijau, yang dioleskan dalam sediaan topikal, mungkin bermanfaat dalam mengurangi produksi sebum dan mengobati jerawat. Namun, senyawa dalam kasus ini diekstraksi dari teh, bukan menggunakan teh secara langsung.

Pelembap

Ini dapat menenangkan kulit, terutama pada orang yang menggunakan perawatan jerawat seperti isotretinoin, kata peneliti. Pelembap yang mengandung lidah buaya dengan konsentrasi minimal 10 persen atau witch hazel dapat memiliki efek menenangkan dan kemungkinan anti-inflamasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini