Share

Ingin Rambut Makin Berkilau, Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini Yuk

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 611 2328089 ingin-rambut-makin-berkilau-rutin-konsumsi-5-makanan-ini-yuk-exN43slvMz.jpg Rambut indah berkilau (Foto: The Ayuverda)

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mendapatkan rambut sehat dan berkilau. Cukup dengan mengonsumsi makanan sehat, Anda bisa mendapatkan rambut yang indah seperti selebriti-selebriti ternama dunia.

Lalu apa saja makanan yang dapat menjaga kesehatan rambut? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Insider, Selasa (15/12/2020).

 telur

1. Telur

Jika Anda mendambakan rambut sehat layaknya Beyonce, Anda mungkin akan bertanya-tanya, bagaimana teknik perawatannya. Menurut Dr. Glatter, untuk mendapatkan rambut yang sehat, seseorang hanya perlu mengonsumsi makanan berprotein secara rutin. Hal ini termasuk mengonsumsi olahan telur, baik direbus, digoreng, atau dibuat orak-arik.

"Telur mengandung biotin, dan vitamin B yang sangat tinggi. Nutrisi ini membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga kulit kepala agar tetap sehat," tuturnya. Kendati demikian, Glatter tidak memungkiri bahwa kandungan biotin juga dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh. Tetapi di satu sisi, nutrisi ini dapat membuat kuku menjadi lebih kuat.

2. Kacang-kacangan

Selain menjadi sumber energi, kandungan serat dan protein pada kacang-kacangan juga dapat menjaga kesehatan rambut. Dr Glatter mengatakan, "Kacang-kacangan seperti lentil adalah sumber protein yang bagus. Bahan makanan ini juga memberi Anda asupan zat besi yang bagus,". Ia menambahkan, kekurangan zat besi inilah yang sering menyebabkan kerontokan pada rambut.

3. Kayu manis

Selama ini kayu manis sering digunakan untuk membuat masakan berkuah karena menyuguhkan aroma dan cita rasa yang khas. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa kayu manis juga membantu membawa oksigen dan nutrisi penting lainnya ke folikel rambut.

Alhasil, kulit kepala pun akan terangsang dan mempercepat proses pertumbuhan rambut. Jadi jangan ragu untuk menambahkan bubuk kayu manis ke dalam olahan oatmeal, roti panggang, dan kopi favorit Anda.

4. Makanan laut (salmon, kerang, sarden)

Beberapa jenis makanan laut seperti salmon, kerang, dan sarden dipercaya ampuh menjaga kesehatan dan kelembapan kulit kepala karena mengandung asam lemak omega-3. "Sangat penting untuk menjaga rambut agar tetap berkilau, lebat, dan sehat. Tanpa omega-3, kulit kepala Anda bisa menjadi kering," tegas Dr. Glatter.

Baca juga: Cara Cegah Tulang Punggung Rusak, Penyakit yang Diidap Deddy Corbuzier

5. Alpukat

Anda mungkin sudah muak melihat teman atau keluarga memamerkan olahan avocado toast buatan mereka di Instagram. Tapi jangan salah, kandungan vitamin E yang terdapat pada alpukat ternyata dapat memperbaiki rambut yang rusak. Tidak hanya itu, alpukat juga diperkaya vitamin B yang membantu pertumbuhan rambut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini