Kenali Ikan Cupang Blue Rim yang Viral Setelah Jadi Mahar Pernikahan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 612 2327851 kenali-ikan-cupang-blue-rim-yang-viral-setelah-jadi-mahar-pernikahan-GEcuglAL1R.jpg Ikan cupang blue rim. (Foto: Okezone)

IKAN cupang kini sedang digandrungi banyak orang. Ikan ini dimiliki bisa sekadar untuk hiasan di rumah atau memang dikoleksi dengan jumlah yang banyak. Namun apa jadinya jika ikan cupang dijadikan mahar pernikahan? Inilah yang terjadi di Bekasi, Jawa Barat.

Seorang pria bernama Rizki Muhammad memberikan mahar pernikahan berupa ikan cupang Blue Rim kepada istrinya Indri. Tentunya aksi pria asal Pangkalan Dua, Kelurahan Sumur Batu, Bantargebang, Kota Bekasi, ini menarik perhatian netizen yang mengetahuinya.

Baca juga: Viral Pasangan Menikah Mahar Ikan Cupang Blue Rim, Harganya FantastisĀ 

Selain alasan hobi koleksi ikan cupang, mahar tersebut sengaja diberikan kepada wanita pujaan hatinya karena jarang terjadi dan tidak banyak orang lakukan. Sepasang ikan yang diberikan kepada wanita istrinya itu bahkan disebut merupakan ikan pilihan dan menjadi kesayangannya.

Pasangan yang menikah pada 12 Desember 2020 lalu tersebut menyatakan cupang dengan jenis Marble Blue Rim yang digunakan sebagai mahar dengan harga Rp2,5 juta.

Merangkum dari Aquatic Arts, Selasa (15/12/2020), cupang jenis Blue Rim memang sedang sangat digandrungi publik. Hal itu terbukti dengan popularitasnya di internet. Cupang jenis ini sangat diincar oleh para pencinta ikan karena memiliki warna yang sangat bagus.

Blue Rim Plakat Betta (Betta splendens) adalah ikan berwarna dengan mutu tinggi dari varietas tubuh dan sirip plakat yang selalu populer. Spesimen ikan ini memiliki warna tubuh putih atau krem dan biru dengan tepi biru pada sebagian atau seluruh siripnya.

Baca juga: Persiapkan 10 Peralatan Ini Sebelum Pelihara Ikan CupangĀ 

Meskipun setiap cupang memiliki keunikan masing-masing, spesimen dari varietas ini sangat berwarna dan berkualitas tinggi.

Warna biru di sisi sirip cupang jenis blue rim adalah hasil dari mutasi. Untuk mendapatkan mutasi warna yang sempurna tidaklah mudah. Tentunya terdapat cara khusus untuk membuat mutasi dapat terjadi dan warna cerah bisa dihasilkan. Tidak heran jika sekarang cupang jenis ini memiliki harga yang tinggi.

Adapun cara untuk agar cupang menjadi cepat bermutasi adalah:

1. Memberikan garam akuarium ketika anakan cupang mulai beranjak dewasa.

2. Daun ketapang menjadi salah satu senjata utama untuk mempercepat mutasi warna.

3. Menjemur ikan cupang.

4. Pemberian pakan yang bergizi dan berkualitas.

5. Rutin mengganti air.

Baca juga: 3 Starter Pack Memelihara Ikan CupangĀ 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini