Wajib Tahu, Ini Fakta-Fakta Ikan Cupang hingga Jadi Mahar Pernikahan di Bekasi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 612 2327890 wajib-tahu-ini-fakta-fakta-ikan-cupang-hingga-jadi-mahar-pernikahan-di-bekasi-P0uSeX1MfV.jpg Ikan cupang. (Foto: Pietro Jeng/Unsplash)

IKAN cupang belum lama ini kembali bikin heboh masyarakat. Pasalnya, ada seorang pria di Kota Bekasi, Jawa Barat, yang memberikan mahar pernikahan ikan cupang blue rim untuk calon istrinya.

Pria bernama Rizki Muhammad itu memilih memberikan mahar ikan cupang blue rim karena alasan hobi koleksi sejak lama. Selain itu, ia menilai tidak banyak orang yang memberikan mahar ikan cupang dalam pernikahan, sehingga sangat membuatnya terkesan.

Baca juga: Viral Pasangan Menikah Mahar Ikan Cupang Blue Rim, Harganya FantastisĀ 

Di sisi lain, cupang nyatanya memang menjadi ikan yang memiliki banyak penggemar di dunia. Meski ukurannya kecil, cupang memiliki warna yang cerah dan bentuk tubuh yang menarik. Selain itu, banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh ikan kecil ini, salah satunya kemampuan bertahan hidup yang cenderung lebih kuat dibandingkan spesies lainnya.

Melansir dari Aquatic Arts, Selasa (15/12/2020), berikut fakta-fakta ikan cupang yang kini banyak dipelihara orang dan bahkan dijadikan mahar pernikahan di Bekasi.

1. Hidup di air tergenang

Cupang atau yang sering disebut sebagai betta fish hidup di perairan yang lambat atau tergenang, bahkan dengan ruang renang terbuka yang sangat terbatas. Selain insang, mereka memiliki organ labirin yang memungkinkan mereka untuk menghirup udara atmosfer di air yang kekurangan oksigen.

2. Bukan perenang aktif

Ikan cupang bukan perenang yang cepat atau aktif dibandingkan beberapa spesies lain, tetapi tidak boleh disimpan dalam toples atau mangkuk kecil, karena berlawanan dengan beberapa kepercayaan. Meski cenderung kuat, praktik standar memelihara ikan dalam akuarium diperlukan untuk perawatan jangka panjang.

Baca juga: Kenali Ikan Cupang Blue Rim yang Viral Setelah Jadi Mahar PernikahanĀ 

3. Mudah dirawat

Perawatan ikan cupang sangat sederhana, sehingga cocok untuk para pemula. Volume air yang sedikit diperlukan untuk spesies ikan yang satu ini. Selain itu penutup di bagian atas akuarium juga diperlukan. Jika tidak mereka berisiko melompat keluar akuarium, sebab spesies cupang ini sangat ringan.

Ikan ini akan tumbuh sehat di dalam akuarium yang dirawat dengan baik tanpa perlu memiliki teman dari spesies lain. Ikan cupang pejantan terkadang dapat menjadi sangat agresif terhadap ikan lain. Biasanya hewan ini damai dengan invertebrata yang terlalu besar untuk dianggap sebagai mangsa.

4. Jantan dan betina tidak bisa disatukan

Jantan dari spesies ini tidak dapat dipelihara bersama dalam keadaan apa pun dan betina tidak dapat dipelihara dengan jantan kecuali untuk sementara waktu, yakni selama perkembangbiakan yang direncanakan dan diawasi dengan baik. Betina dapat dipelihara dengan betina lain selama ada banyak ruang dan tempat berlindung.

5. Pakannya mudah

Spesies cupang ini juga tidak rewel dalam makan. Mereka akan memakan berbagai makanan beku, kering, dan makanan yang berdaging. Hal yang sangat penting adalah untuk menjaga kesehatan dan pewarnaan mereka agar selalu optimal.

Baca juga: Persiapkan 10 Peralatan Ini Sebelum Pelihara Ikan CupangĀ 

Ikan cupang. (Foto: Huy Phan/Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini