10 Olahraga 10 Menit yang Buat Anda Mudah Tidur

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 612 2327963 10-olahraga-10-menit-yang-buat-anda-mudah-tidur-XJOmhuLEq4.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

APAKAH Anda kesulitan tidur di malam hari? Insomnia atau penyakit sulit tidur memang kerap terjadi pada mereka yang tidak menerapkan gaya hidup sehat, memiliki stres atau mungkin depresi.

Ketika Anda kesulitan tidur, salah satu cara yang disarankan adalah menggunakan minyak esensial. Tapi menggunakan minyak esensial berarti Anda membutuhkan beberapa jenis perlengkapan tambahan di kamar.

Nah, bagi Anda yang malas menggunakan minyak esensial, sebenarnya ada cara lain yang lebih praktis untuk memudahkan Anda tidur. Penelitian membuktikan bahwa melakukan peregangan sebelum tidur dapat membantu mendapatkan tidur yang nyenyak dan bangun lebih segar.

Hal ini karena peregangan dapat meredakan ketegangan sebelum tidur dan membantu otot serta pikiran Anda menjadi lebih rileks.

Cukup dengan melakukan peregangan selama 10 menit sebelum Anda tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti dilansir dari YourTango, berikut gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan di rumah agar bisa tidur lebih nyenyak.


Butterfly stretch

pemanasan tidur

Gerakan ini bagus untuk pemula. Duduklah di lantai dengan kedua telapak kaki menyatu dan pinggul terbuka. Capai ke depan sejauh yang Anda bisa tanpa mengangkat pantat Anda dari lantai.

Kembali ke posisi awal, dorong pelan paha Anda untuk mencoba mendekatkan lutut ke lantai. Lakukan hal ini sampai Anda merasakan regangan yang baik, jangan paksa kaki Anda ke posisi yang menyakitkan.


Neck rolls

Ini adalah area paling penting untuk dilakukan peregangan, memastikan Anda bangun tanpa beban atau pegal di leher. Tetap dalam posisi kupu-kupu, periksa kembali apakah postur Anda lurus, jangan membungkuk.

Tundukkan kepala, putar kepala Anda dalam satu arah tiga sampai lima kali, pertahankan postur Anda tetap lurus. Ulangi langkah ke arah yang berlawanan, kemudian kembali ke posisi netral.


The bear hug

Berdiri tegak dengan postur yang baik, lingkarkan lengan ke tubuh Anda, dan peluk erat diri Anda. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan, lalu lepaskan pelukan.


Low lunge

Peregangan low lunge akan meningkatkan kelenturan kaki, pinggul, dan memperkuat punggung Anda. Lakukan low lunge dengan satu kaki ditekuk ke depan dan kaki lainnya di belakang Anda. Letakkan lutut Anda di lantai dan periksa apakah kaki dan lutut Anda lurus. Dorong beban Anda ke kaki depan dan tarik napas dalam-dalam. Tahan selama 20 hingga 30 detik. Ulangi di kaki yang berlawanan.

Seated forward fold

pemanasan tidur

Peregangan ini akan meningkatkan kelenturan pada paha belakang Anda dan memanjangkan tulang belakang Anda. Duduk di lantai dengan kedua kaki menyatu dan lurus di depan Anda. Dengan punggung lurus, raih tangan Anda di atas kepala dan kemudian lipat, coba sentuh jari-jari kaki Anda.

Jika Anda tidak bisa menyentuh jari kaki, pegang pergelangan kaki atau betis Anda. Pertahankan posisi ini selama 20 hingga 30 detik, lalu perlahan-lahan kembali ke posisi awal.

Legs on the wall

Peregangan ini bagus untuk melepaskan ketegangan di punggung dan leher Anda. Berbaring telentang dengan kaki tegak di udara, rata di dinding. Jaga lengan Anda di samping dan leher tetap lurus, tarik dan hembuskan napas beberapa kali. Perlahan dorong diri Anda menjauh dari dinding untuk melepaskannya. Jangan ayunkan kaki Anda ke bawah.

Reclining wide hip stretch

Mirip dengan peregangan kupu-kupu, ini akan membuka pinggul Anda dan membantu fleksibilitas. Duduklah di lantai dengan postur lurus dan regangkan tungkai dan kaki Anda. Lakukan ini selama 20-30 detik.

Knees to chest

Gerakan ini akan membantu Anda rileks dan meregangkan otot bokong dan paha belakang. Berbaringlah di lantai dengan pandangan ke langit-langit. Dekatkan lutut ke dada sejauh mungkin. Ulangi di sisi yang berlawanan. Dekatkan kedua lutut ke dada Anda, peluk. Bergoyanglah ke belakang untuk mendapatkan pijatan ringan di tulang belakang Anda.

Side bend

Duduk bersila di lantai dengan punggung lurus. Sambil bersandar pada lengan kanan Anda, raih lengan kiri Anda di atas kepala dan ke dalam tikungan samping sejauh mungkin. Ulangi langkah yang sama di sisi yang berlawanan.

Child's pose

pemanasan tidur

Di lantai, berlutut dengan pantat di atas tumit. Engsel ke depan, sandarkan dahi Anda di lantai dan julurkan tangan ke depan. Biarkan pinggul Anda tetap terbuka. Cobalah untuk tidak tertidur dan hanya diam selama 20 sampai 30 detik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini