Kacamata Berembun saat Pakai Masker? Atasi Pakai 5 Cara Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 612 2327981 kacamata-berembun-saat-pakai-masker-atasi-pakai-5-cara-ini-Y6QWDXIeSF.jpg Ilustrasi kacamata. (Foto: Dariusz Sankowski/Pixabay)

BANYAK orang yang memakai kacamata mengalami masalah berembun saat mengenakan masker dalam rangka mencegah persebaran covid-19. Lensa kacamata itu berembun karena napas hangat Anda mengenai permukaan kacamata yang relatif dingin.

Ini bisa sangat tidak mengenakkan, terutama jika Anda berjalan dari lokasi yang panas ke toko ber-AC, tiba-tiba tidak dapat melihat, dan tidak ingin memegang kacamata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Baca juga: Nadine Chandrawinata Pakai Topeng Tolak Bala Bikin Gagal FokusĀ 

Tapi jangan khawatir, karena ada sejumlah cara yang telah disarankan untuk menjaga agar kacamata dan penglihatan tetap jelas saat Anda menggunakan masker. Berikut langkahnya, seperti dilansir The Verge, Selasa (15/12/2020).

1. Pakai masker dengan ukuran yang pas di bagian hidung

Jika masker Anda terasa longgar di bagian hidung, maka napas akan keluar dan mengarah ke kacamata. Banyak masker yang dijual memiliki jembatan hidung yang dijahit ke dalamnya strip fleksibel yang memungkinkan Anda untuk menekuk dan membentuknya agar pas dengan hidung.

Dengan demikian, ini akan lebih membuat Anda nyaman dan membantu mencegah napas mengenai kacamata. Jika masker tidak memiliki jembatan hidung, Anda dapat membuatnya sendiri menggunakan pengikat pelintir atau dapat merekatkannya.

2. Tempatkan kacamata di atas masker

Cukup tarik masker sehingga bagian atasnya lebih tinggi dari hidung Anda, dan kenakan kacamata di atas masker tersebut. Setiap napas yang keluar harus melewatkan kacamata Anda.

Baca juga: Cara Cegah Tulang Punggung Rusak, Penyakit yang Diidap Deddy Corbuzier

3. Gunakan sabun dan air

Jika Anda tidak memiliki lapisan khusus pada kacamata, maka dapat coba mencucinya dengan air sabun dan membiarkannya mengering dengan sendirinya atau mengeringkannya dengan sangat lembut. Idenya adalah bahwa sabun meninggalkan lapisan yang mencegah kaca dari embun. Sebaiknya hindari sabun yang dibuat dengan losion.

4. Tempatkan tisu di balik masker

Trik selanjutnya adalah Anda dapat meletakkan tisu yang dilipat di balik master tepat di bawah pangkal hidung. Hal tersebut kemungkinan akan menyerap kelembapan yang keluar.

5. Beli produk antiembun

Ada sejumlah produk berupa semprotan dan tisu antiembun yang tersedia secara komersial di luar sana yang mungkin patut dicoba, tetapi belum dapat dijamin keefektifannya.

Baca juga: Cegah Covid-19, Tasya Kamila Anggap Masker Sama Pentingnya dengan PakaianĀ 

Masker

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini